Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.

Cara Pemasangan Ring Piston Mesin Diesel

Cara Pemasangan Ring Piston Mesin Diesel 1

Cara Pemasangan Ring Piston Mesin Diesel merupakan hal dasar yang wajib dipahami oleh Mekanik Mesin Diesel.

Ring piston merupakan spare part mesin diesel yang sangat penting, hal ini dikarenakan ring piston berhubungan langsung dengan system pembakaran yang menghasilkan tenaga.

Piston dan ring piston disiapkan untuk digunakan pada temperatur dan tekanan yang tinggi, dan bergerak maju mundur dalam cylinder liner, oleh karenanya harus memiliki sifat : ringan, kenyal, tahan panas, awet dan sedikit ekspansi panas. Oleh karena itu dipilih alumunium casting. Diatas mahkota piston pada mesin type direct injection, terdapat cavity sebagai ruang bakar atau tempat bercampurnya bahan bakar dan udara.

Pada mesin  Kubota serie yang lama, terdapat 5 (lima) ring piston, sedang untuk tipe yang baru (produksi di atas tahun 1980) cukup menggunakan 4 (empat) ring piston saja.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai pemasangan ring piston pada piston dengan benar. Ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan, diantaranya :

  1. Urutan pemasangan harus benar karena setiap bagian pada ring piston memiliki fungsinya masing-masing
  2. Letak gap pada ring piston yang sudah terpasang di piston harus sesuai dengan ketentuan (tidak boleh sejajar)

Urutan pemasangan ring piston dan fungsinya

Cara Pemasangan Ring Piston Mesin Diesel 2

  1. Top Ring berpenampang keystone didesain sedemikian rupa, untuk menjaga kebocoran gas saat langkah kompresi dan selanjutnya langkah usaha sehingga akan di peroleh efisiensi sebesar-besarnya.Dibagian sisi luar top ring, dilapisi  dengan chromium plated untuk menjaga keawetan dalam pemakaiannya.
  2. Second Ring berpenampang tirus menjaga agar kontak dengan dinding silinder terjadi lebih cepat penyesuaiannya, juga penghapusan  minyak pelumas pada dinding silinder setelah proses pembilasan dan menghalangi terjadinya kebocoran udara.
  3. Third Ringberpenampang tirus yang di potong dengan bagian bawahnya, menyempurnakan  dan membantu fungsi second ring.
  4. Oil Ring berpenampang sebagai cutter, memiliki tegangan geser lebih tinggi pada permukaannya dibanding dengan permukaan lain, akan membersihkan / menghapuskan sisa minyak pelumas yang menempel pada silinder dengan sangat baik.

Crank Shaft RD 45-55-65

Ring Piston RD 65 – DI 1/2 T-S

Rp 240,000
Rated 5.00 out of 5
Rp 165,000

Piston RD 95-110-115

Ring Piston RD 110 DI – 2T

Rp 350,000
Rp 165,000

Mesin & Sparepart Kubota

Ring Piston RD 140 DI-2T

Rp 450,000

Mesin & Sparepart Kubota

Ring Piston KND/ER 180-190-1500

Rp 585,000

Crank Shaft RD 45-55-65

Ring Piston RD 55

Rp 300,000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *