WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Kandungan dan Manfaat Durian

Kandungan dan Manfaat Durian pasti Anda juga penasaran pengen tau  apa saja manfaat durian berdasarkan kandungan di dalamnya, Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Tinggi antioksidan Seperti yang disebutkan di atas, buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung. Radikal bebas ini merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme. Radikal bebas ini akan meningkat jika Anda merokok, atau terpapar radiasi.
  2. Serat pada durian mempunyai Manfaat lainnya, serat yang terkandung di dalamnya. Serat dalam makanan yang terdiri dari buah, sayur, dan biji-bijian utuh terbukti menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.
  3. Kalium dalam Durian juga mengandung kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam kebaikan untuk tubuh. Setidaknya terkandung 436 mg kalium di dalam 1 buah Kalium sendiri dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Tinggi karbohidrat Bagi orang yang tidak memiliki masalah dengan gula darah, manfaat durian juga bisa didapat dari kandungan karbohidrat di dalamnya yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.
  5. Mencegah dan mengobati sembelit (Fiber 37%). Durian kaya akan serat juga nutrisi yang bisa melancarkan buang air besar secara teratur. Selain itu, serat yang terkandung dalam durian juga dapat secara efektif mencegah dan mengobati sembelit.
  6. Membantu mencegah anemia (Folat 22%). Anemia (sel darah merah di bawah normal) tidak selalu disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Kekurangan folat juga bisa menyebabkan anemia yang disebut anemia pernisiosa. Folat, juga disebut vitamin B9, dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Buah durian sendiri merupakan salah satu sumber vitamin B9.
  7. Perbaiki kesehatan kulit (Vitamin C 80%). Durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan faktor penting dalam pembuatan kolagen. Vitamin C memiliki peran penting dalam penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit
  8. Membantu menjaga kesehatan tulang (Potassium 30%). Durian juga kaya potassium. Saat membicarakan kesehatan tulang, kebanyakan orang akan fokus pada kalsium. Namun, potasium juga merupakan nutrisi penting bagi tulang, sehingga makan buah durian akan memberi manfaat bagi kesehatan tulang.
  9. Mengatur kadar gula darah (Mangan 39%). Buah durian bisa membantu mengatur kadar gula darah karena kandungan mangan di dalamnya.
  10. Membantu menjaga fungsi tiroid (Tembaga 25%). Durian adalah sumber tembaga yang baik. Ketika berbicara tentang kelenjar tiroid, yodium mungkin satu-satunya nutrisi yang sering dikaitkan dengannya. Namun, zat tembaga juga berperan dalam metabolisme tiroid, terutama pada produksi hormon dan penyerapan. Kelenjar tiroid memiliki fungsi dalam mengatur kepekaan tubuh terhadap hormon lain, membuat protein, dan mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi. Makan durian akan bermanfaat dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid.
  11. Manfaat buah durian mendorong nafsu makan (Thiamin 61%). Durian juga kaya akan vitamin B yang berperan dalam mendorong nafsu makan dan membantu menghasilkan asam klorida dalam perut untuk membantu pencernaan makanan.
  12. Membantu meredakan migrain (Riboflavin 29%). Apakah Anda sering mengalami migrain? Makan buah durian bisa membantu meredakan sakit migrain. Riboflavin adalah vitamin B yang terkandung dalam durian, yang dapat membantu meringankan sakit kepala migrain.
  13. Membantu mencegah depresi (Vitamin B6 38%). Durian mengandung vitamin B6. Kurangnya vitamin B6 dalam tubuh bisa menyebabkan depresi. Vitamin B6 merupakan nutrisi penting dalam produksi serotonin, zat kimia neurotransmitter yang mempengaruhi mood.
  14. Instrumental dalam pembentukan tulang dan gigi (Fosfor). Fosfor adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam durian. Meski kalsium merupakan nutrisi paling terkenal untuk kesehatan tulang, kalsium tidak bisa mengolah pembentukan tulang dan gigi tanpa fosfor.Itulah beberapa manfaat durian bagi kesehatan tubuh. Makan mereka secukupnya dan tidak berlebihan akan bermanfaat bagi tubuh. Tapi bagi anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu atau masalah seperti penyakit asam urat, anda harus berkonsultasi ke dokter sebelum meminumnya.

 

Selain beberapa jenis manfaat durian di atas, durian juga secara tradisional dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, tekanan darah tinggi, malaria, dan mengobati luka. Sayangnya penelitian klinis untuk memastikan manfaat durian tersebut masih sangat minim dan belum dapat dipastikan.

Perhatikan Dulu Hal Ini sebelum mengonsumsi durian!

Cukup terkejut dengan manfaat durian dan kandungan gizi di dalamnya? Tunggu dulu, jangan terburu-buru melahap buah lezat ini. Meski aroma dan cita rasanya sangat menggoda, jika Anda mengonsumsinya berlebihan, buah ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Misalnya saja perut terasa kembung, muntah, dan bahkan diare.

Bagi Anda penderita diabetes, sebaiknya urungkan niat Anda untuk mengonsumsi buah ini. Durian memiliki kadar gula yang tinggi dan jika dikonsumsi tanpa pengawasan medis, berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah. Selain penderita diabetes, ibu menyusui dan ibu hamil juga disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi buah ini.

Perhatikan juga saat mengonsumsi buah durian, disarankan tidak mengonsumsi alkohol bersamaan dengan buah ini. Durian mengandung zat yang dapat menghambat kinerja enzim di saluran cerna dalam mencerna alkohol. Jika dikonsumsi bersamaan, berpotensi menimbulkan mual, muntah, dan jantung berdebar.

Bagi para penikmatnya, manfaat durian di atas akan menambah rasa cinta mereka untuk menikmati Si Raja Buah ini. Tapi, bagi yang sedang menjalani pola makan khusus untuk menurunkan berat badan, sebaiknya membatasi konsumsi buah ini karena kandungan kalorinya yang tinggi. Demikian juga halnya dengan orang-orang yang memiliki kondisi medis tertentu.

Rp 195,350

Roll Padi

RHR BIMA 8 3/4X6

Rp 263,900
Rp 16,750

Combine Harvester

RING 52 DALAM AW70V/AW82

Rp 12,688

Crank Case RD 45-55-65

Gasket Cylinder Head, NA RD 75-85

Rp 70,000
Rp 72,000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *