WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Manfaat Dan Fungsi Buah Manggis 1

Manfaat Dan Fungsi Buah Manggis,- Buah manggis merupakan jenis buah-buahan tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain rasanya yang sangat enak, buah manggis mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Buah yang bernama latin garcinia mangostana ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah perkembangan penyakit jantung serta diabetes pada pasien penderita obesitas. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh BioMed Central Akses, menggambarkan bagaimana manfaat manggis mampu menurunkan tingkat protein C-reaktif. Sudah banyak riset untuk mengetahui manfaat buah manggis baik daging buah maupun kulit luarnya, karena hampir semua bagian dari buah manggis bisa dimanfaatkan dan sangat baik bagi kesehatan. Nah, berikut ini adalah beberapa riset yang dilakukan oleh para ahli untuk menemukan manfaat buah manggis.

  1. Obat awet muda

Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis sangat baik untuk kesehatan dan mampu menghambat penuaan. Karena zat ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru, sehingga Anda akan nampak awet muda jika rajin mengonsumsi buah ini. Ada juga buah lain yang mengandung banyak antioksidan yaitu manfaat mahkota dewa.

  1. Menghambat pertumbuhan kanker

Manfaat manggis yang perlu Anda ketahui adalah buah ini banyak mengandung xanthone yang merupakan senyawa anti-kanker. Bahkan ektrak kulit manggis bersifat apoptosis (penghancur sel kanker), jadi bagi Anda yang suka dengan buah manggis jangan terburu-buru membuang kulitnya, karena justru kulitnya banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh.

  1. Perawatan kulit

Khasiat manggis yang tak kalah pentinya bagi perempuan adalah perawatan kulit. Penelitian telah dilakukan untuk memastikan berbagai manfaat manggis pada kulit dan studi menunjukkan bahwa manggis memiliki sifat yang dapat mencegah kanker kulit. Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan anti-oksidan membantu mengurangi risiko berbagai kondisi seperti peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah manggis kaya akan nutrisi, mineral, vitamin, dan xanthone yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini melindungi tubuh dari penyakit yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Sifat antioksidan

Manggis adalah salah satu buah yang diketahui mengandung antioksidan kuat, yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh dan seluruh tubuh. Antioksidan ini mengandung penguat sel yang disebut sebagai xanthone, yang mengandung berbagai sifat memiliki nilai obat. Inilah sebabnya mengapa manggis disebut sebagai buah penyembuhan dan dapat digunakan untuk mencegah penyakit.

  1. Mempercepat penyembuhan

Buah manggis memiliki sifat anti-bakteri dan anti-radang, bermanfaat sebagai minuman obat dan untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun dan kulit pohon manggis dapat dicampur dengan ramuan obat lain dan diterapkan pada luka untuk pemulihan lebih cepat. Cara membuat minuman obat dari manggis ini hanya dengan merebus daun dan kulit pohon.

  1. Mengobati diare dan disentri

Kulit manggis dan daging buah manggis efektif dalam membantu menyembuhkan dari gangguan perut seperti diare dan disentri.

  1. Mengobati masalah menstruasi

Ladies, kalian bisa coba buah manggis untuk mengatasi menstruasi kalian, karena akar manggis dapat membantu mengatur siklus menstruasi. Manfaat manggis juga meringankan gejala yang sering terjadi sebelum menstruasi dan membuat sulit bagi wanita untuk melakukan rutinitas mereka.

  1. Mengontrol diabetes

Diabetes adalah kondisi medis yang umum di masyarakat modern. Meskipun penyakit ini diatasi menggunakan obat yang diresepkan dokter, diabetes bisa menjadi risiko kesehatan terutama jika dilakukan tindakan pencegahan yang memadai. Manggis adalah salah satu obat alami, yang efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Selain khasiat manggis yang begitu besar, buah ini mudah didapatkan dan sangat mudah dijangkau!

  1. Berat badan

Menambahkan manggis dalam diet Anda, efektif dalam menurunkan berat badan, lho! Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah manggis juga menyehatkan tubuh.

Cara Mengolah Kulit Manggis

Untuk memperoleh manfaat buah manggis secara maksimal kita bisa menyeduh potongan kulit manggis. Caranya, kulit manggis dipotong-potong, kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Saring air rebusan kulit manggis dan konsumsi secara teratur sebanyak 2-3 kali sehari.

Nah, itulah beberapa manfaat buah manggis yang perlu kita ketahui. Tapi bagaimanapun juga Anda harus berhati-hati saat mengolah buah menggis, karena kulit manggis bisa saja tidak higienis karena terpapar pestisida yang disemprotkan petani untuk mengusir hama dari pohon manggis.

Kandungan yang terdapat dalam buah manggis terkenal dengan nama Xanthone, di mana Xanthone menurut penelitian mampu mengobati berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker, penyakit jantung dan kerusakan otak, selain itu mengandung zat antioksidan yang berguna bagi tubuh untuk melawan radikal bebas.

Berikut ini merupakan manfaat khasiat manggis bagi kesehatan tubuh:

  1. Mencegah dan mengobati kanker
  2. Melawan radikal bebas
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Menyehatkan mata
  5. Diet mengurangi berat badan
  6. Meningkatkan stamina, tenaga dan energi
  7. Mengobati penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke, diabetes, batu ginjal dll.

Jadi, banyak sekali manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh kita. Yuk, mulai sekarang rutin mengonsumsi buah manggis, Teman Sehat!

Next >>

-7%
Rp 91,000,000 Rp 85,000,000
-10%
Rp 78,334,034 Rp 70,500,100
-10%
Rp 115,384,600 Rp 103,846,130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *