WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Ikan asin mengandung banyak manfaat untuk kesehatan

Ikan asin mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Proses pembuatan ikan asin ini dengan cara diasinkan atau digarami. Kemudian dijemur selama beberapa hari agar ikan menjadi awet. Tak heran jika ikan asin dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan. Berbeda dengan ikan segar yang hanya bertahan dua sampai tiga hari saja pada suhu ruangan.
Ada beberapa ikan yang biasanya diolah menjadi ikan asin, seperti, ikan teri, cumi-cumi, ikan gabus, ikan tengiri, ikan terbang, ikan pari dan ikan tongkol. Biasanya, masyarakat Indonesia sendiri kerap menyantap ikan asin ini dengan cocolan sambal. Ikan Asin Kering mengandung energi sebesar 193 kilokalori, protein 42 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 1,5 gram, kalsium 200 miligram, fosfor 300 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Asin Kering juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Asin Kering, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70 %

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Ikan Asin Kering :

  1. Banyaknya Ikan Asin Kering yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  2. Bagian Ikan Asin Kering yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 70 %
  3. Jumlah Kandungan Energi Ikan Asin Kering = 193 kkal
  4. Jumlah Kandungan Protein Ikan Asin Kering = 42 gr
  5. Jumlah Kandungan Lemak Ikan Asin Kering = 1,5 gr
  6. Jumlah Kandungan Karbohidrat Ikan Asin Kering = 0 gr
  7. Jumlah Kandungan Kalsium Ikan Asin Kering = 200 mg
  8. Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Asin Kering = 300 mg
  9. Jumlah Kandungan Zat Besi Ikan Asin Kering = 3 mg
  10. Jumlah Kandungan Vitamin A Ikan Asin Kering = 0 IU
  11. Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Asin Kering = 0,01 mg
  12. Jumlah Kandungan Vitamin C Ikan Asin Kering = 0 mg

Berikut 10 manfaat ikan asin untuk kesehatan.

  1. Baik untuk kesehatan gigi dan tulang.

Ikan asin memiliki manfaat kalsium dan fosfor tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki 300 mg fosfor dan kadar kalsium 200 mg. Fosfor dan kalsium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kamu dan memiliki manfaat kesehatan lain dari ikan asin yaitu: meningkatkan tinggi selama pertumbuhan, mencegah osteoporosis, mencegah kelainan tulang dan memperkuat struktur tulang.

  1. Membantu mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka. Kandungan yang berperan dalam penyembuhan luka pada ikan asin berasal dari zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram ikan asin.

  1. Mencegah anemia.

Zat besi yang terkandung dalam ikan asin juga sangat bermanfaat dalam tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia, gejala kekurangan darah. Zat besi yang berada dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah dan mencegah anemia. Beberapa gejala anemia seperti, mudah merasa lelah, sering merasa pusing dan sakit kepala, seringkali tidak fokus melakukan aktivitas dan memiliki risiko tinggi terhadap beberapa penyakit.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itu karena kandungan manfaat protein yang ada pada ikan asin. Jika sistem kekebalan tubuh kamu baik, maka kamu tidak akan mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Membantu pembentukan otot.

Ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gram protein per 100 gram. Protein ini akan sangat berguna untuk membangun otot dan meningkatkan massa otot, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program pembentukan otot.
Namun, kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi ikan asin karena kandungan garamnya yang tinggi pada ikan asin.

  1. Sumber energi untuk tubuh.

Seratus gram ikan asin kering dapat memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Terutama bila dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi.

  1. Mencegah penyakit jantung.

Ikan asin memiliki kandungan manfaat omega 3 yang tinggi. Selain itu, manfaat ikan asin juga memiliki kandungan kolesterol baik yang tinggi. Karena itu, ikan asin sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan beberapa masalah jantung.

Demikian pula kolesterol, karena omega 3 dalam ikan asin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Menjaga kulit tetap sehat.

Ikan asin memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa jenis kandungan ikan asin yang baik untuk manfaat kesehatan kulit kamu, seperti vitamin E, selenium, omega 3 dan asam lemak esensial.

  1. Mengurangi risiko kanker kulit.

Manfaat vitamin E yang terkandung dalam ikan asin dapat melindungi kamu dari paparan sinar ultraviolet. Bahkan dapat mengurangi, dan mencegah terjadinya kanker kulit yang disebabkan oleh radiasi UV.

  1. Menjaga kesehatan mata.

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin juga sangat baik untuk ketahanan dan kekebalan tubuh kamu. Manfaat vitamin A ini, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kamu, seperti, mencegah katarak, mencegah mata minus dan plus serta mencegah degenerasi makula.

 

-7%
Rp 91,000,000 Rp 85,000,000
-10%
Rp 78,334,034 Rp 70,500,100
-10%
Rp 115,384,600 Rp 103,846,130

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *