WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Canggihnya Teknologi Virtual Reality

Canggihnya Teknologi Virtual Reality 1

Pengertian Virtual Reality
Virtual reality adalah teknologi yang mampu membangkitkan suasana 3D secara nyata, sehingga membuat penggunanya merasa seperti berada di dalam dunia nyata meskipun pada kenyataannya sedang berada di dunia maya. Dasar virtual reality Di dalam Virtual Reality terkandung beberapa elemen penting di dalamnya, yaitu :

Virtual World

Adalah lingkungan simulasi berbasis komputer yang dapat membuat avatar pribadi sehingga pengguna bisa menjelajahi dunia maya seakan akan dia menggunakan tubuhnya sendiri. Pengguna menggunakan avatar dalam bentuk screenplay maupun script.
Immersion Membuat pengguna teknologi virtual reality bisa merasakan berbagai sensasi di dunia nyata saat dia
berada di dalam dunia maya Immerson dibagi dalam 3 jenis:

– Metal Immersion

Membuat perasaan dari pengguna seperti ada didalam kehidupan yang nyata, padahal pengguna sedang berada didalam dunia virtual.

– Physical Immersion

Membuat penggunanya merasakan bahwa fisiknya berada di dalam suasana virtual world

– Mentally Immersed

Membuat penggunanya merasakan sensasi untuk larut di dalam virtual world

– Sensory feedback

Berfungsi untuk menyampaikan virtual world ke indera penggunanya. Dengan elemen ini pengguna bisa mendengar, melihat, dan merasakan sentuhan yang dibuat di dunia virtual.

– Interactivity

Berfungsi untuk merespon aksi atau keberadaan dari pengguna, sehingga objek yang disekitar bisa dapat merespon sehingga pengguna bisa berintraksi dengan objek tersebut

Selain mengandung elemen-elemen tersebut, Virtual World juga memiliki jenis-jenis yang berbeda, yaitu :

– Entry- level mobile VR

Termasuk perangkat Virtual Reality yang harganya murah karena tidak ada komponen elektronik didalamnya. Cara menggunakannya kalian hanya memerlukan sebuah smartphone . Contoh jenis kacamata VR ini adalah Google Cardboard dan beberapa kacamata virtual reality untuk smartphone lainnya . Jenis ini terbuat dari kertas karbon tebal dan plastic, dengan cara kerja yang simple itulah yang membuat harga jenis ini menjadi murah.

– Mobile virtual reality headset

Merupakan suatu jenis virtual world yang hampir menyerupai entry- level mobile virtual reality. Dikarenakan keduanya membutuhkan smartphone sebagai processing sourcenya. Namun, mobile virtual reality headset umumnya dilengkapi dengan komponen elektronik yang berada didalamnya. Salah satu contohnya yaitu Samsung Gear VR. Mobile virtual reality umumnya dilengkapi oleh tracking sensor, built-in control dan juga focus adjustment yang digunakan untuk menambah keseruan dan pengalaman penggunanya saat berada di virtual world.

– High- level virtual reality

Perangkat virtual reality ini tidak sama dengan mobile virtual reality headset. High- level virtual reality membutuhkan sebuah komputer atau perangkat game konsol. Contoh perangkat yang merupakan suatu bagian dari high-level virtual reality adalah Oculus Rift dan HTC Vive. Dimana keduanya menggunakan komputer sebagai processing source. Selain contoh diatas, kini game konsol yang menggunakan perangkat ini adalah Playstation virtual reality. Selain itu pada high-level virtual reality juga terdapat perangkat Virtual Reality yang dapat digunakan melalui smartphone, komputer dan game konsol.Perangkat high-level virtual reality sangat mengagumkan karena menggunakan perangkat game konsol dan komputer dibandingkan dengan mobile virtual reality headset yang menggunakan smartphone.

– Virtual Mobile Theater

Jenis ini digunakan bukan untuk bermain game, melainkan untuk memberikan sensasi yang mengagumkan pada pengguna saat menonton film dengan menggunakan perangkat Virtual Mobile Theater. Perangkat VR jenis ini belum banyak yang memproduksi. Salah satu contoh dari Virtual Mobile Theater itu sendiri adalah Sony HMZ-T1. Virtual Mobile Theater membutuhkan processing source berupa komputer atau smartphone. dengan menggunakan jenis Virtual World ini, maka film yang kalian putar akan terasa seperti theater sungguhan dengan layar yang besar dan suara yang heboh. Tentunya akan terasa seperti nyata seakan akan kalian berada di film tersebut.

– Augmented Reality Headset

Dan yang terakhir dan mulai dibicarakan banyak orang ialah Augmented Reality Headset. Augmented Reality Headset adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan objek grafis yang diciptakan / Generated melalui computer. Beberapa waktu yang lalu, kita sempat dihebohkan dengan kehadiran game berbasis Augmented Reality Headset ini yaitu games Pokemon GO. Di dalam games ini kita diberikan pengalaman bermain di dunia nyata tetapi aka nada objek berupa pokemon disekitar kita. Contoh perangkat Augmented Reality Headset adalah Microsoft HoloLens.

Demikian artikel tentang Canggihnya Teknologi Virtual Reality. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *