WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Situ Sedong, Cirebon. Sudah Pernah Kesini?

Objek wisata Situ Sedong, Cirebon

Halo, Sahabat Niagakita!

Situ Sedong merupakan sebuah situ yang berada di kota Cirebon dengan berada di ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan air laut. Situ buatan ini dibangun guna menampung air hujan yang kemudian disalurkan untuk kebutuhan pertanian bagi wilayah yang ada di bawahnya.

Lokasi Situ Sedong sendiri berada di desa Sedong Lor, Kec. Sindang Laut, Cirebon, Jawa Barat. Lokasi Situ Sedong kira-kira berjarak sekitar 26 km dari pusat kota Cirebon.

Sejarah Situ Sedong, Cirebon

Mengutip sejarah dari situs Native Indonesia, Situ Sedong dibangun pada tahun 1918, pada masa Kolonial Belanda. Situ ini mulai pengairannya pada tahun 1921 dengan maksud untuk mengairi perkebunan tebu dari pabrik Gula Sindanglaut. Seiring berjalannya waktu, Situ Sedong beralih fungsi menjadi sumber pengairan pertanian bagi warga sekitar yang berprofesi sebagai petani.

Baca juga : Empal Gentong, Si Makanan Khas Kota Udang.

Situ Sedong memiliki luas sekitar 62 hektar dengan kedalaman air mencapai 10 meter. Selain digunakan untuk keperluan irigasi, Setu Sedong juga dijadikan sebuah objek wisata karena posisinya yang berlatar belakang gunung membuat Setu Sedong sangat disayangkan bila tidak dimaksimalkan untuk kebutuhan pariwisata.

Wisatawan yang datang ke situ ini bukan hanya untuk berlibur menikmati keindahan alamnya, namun ada juga yang datang ke tempat ini untuk menyalurkan hobi memancing mereka. Pemandangan di Situ Sedong juga tidak kalah menarik dengan situ lainnya, dengan perpaduan sawah dan pepohonan yang rindang di sekeliling situ, membuat objek wisata ini sangat cocok untuk bersantai, apalagi sore hari, anak-anak senja sangat disarankan untuk datang ke tempat ini.

Demikian artikel tentang Situ Sedong, Cirebon. Sudah Pernah Kesini?. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *