Cara Test Nozzle & Membersihkannya di Mesin Diesel Kubota
Proses servis injector bisa dibedakan menjadi dua tahap utama, yaitu pengetesan dan pembersihan ( Penyetelan Nossel injektor )
Ada beberapa tahap pengetesan injector, Pertama adalah tes leakage atau kebocoran, test tekanan penyemprotan, dilanjutkan tes spray pattern alias pola semprotan nosel. kemudian injector diukur kemampuan mengalirkan bahan baker (flow test) dan terakhir akan dilakukan simulasi pemakaian. Pembersihan juga dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di nosel.
Namun sebelum melakukan penyetelan, Pasang injektor pada tester dengan longgar saja. Lakukan pembuangan udara yang ada pada saluran tester,dengan menggerakkan tuas sampai solar keluar pada sambungan pipa
Gambar 1 : Pengeluaran Udara
Setelah itu mulai melakukan langkah kerja sebagai berikut :
- Leakage test
Maksud dari test ini adalah mengetahui apakah ada kebocoran (leakage) baik dari bodi injector maupun pada jarum di noselnya. lakukan test kebocoran dengan cara
- a)buka kran saluran tekan ke manometer. Geakan tuas tester sampai manometer menunjukkan tekanan 80 bar, pertahankan posisi tekanan ini selama 20 detik. Lihat dan amati kebocoran pada ujung nossel.
- b)amati dan rasakan ujung bodi nosel dengan jari anda, apakah ada tetesan atau ujung bodi nosel menjadi basah
Injektor harus tidak boleh bocor sama sekali. Kalau bocor di bodi, bahaya buat mesin karena bahan bakar bisa menetes ke bagian luar mesin. Bisa kebakaran, Sedangkan jika jarum noselnya bocor, bahan bakar terus keluar meski injector menutup. Tekanan bahan bakar keseluruhanpun akan turun. Tes ini dilakukan dalam keadaan nosel tertutup (tidak dialiri arus listrik). jika pada tes ini berhasil, atau tidak ada kebocoran maka injector bisa dipakai.
Gambar 2 : pemeriksaan kebocoran
- Test tekanan penyemprotan
lakukan test tekanan penyemprotan, dengan cara gerakkan tuas tester delam langkah penuh dengan kuat dan cepat, baca tekanan pada manometer.
Gambar 3 : test tekanan penyemprotan
- Spray test
Dari tes ini diketahui pola penyemprotan injector. Pengabutan bahan bakarnya harus bagus. Ada beberapa pola yang bisa digunakan. Setiap mobil memiliki pola semprotan yang berbeda. lakukan test tekanan penyemprotan, dengan cara gerakkan tuas tester delam langkah penuh dengan kuat dan cepat, baca tekanan pada manometer Delapan puluh persen kendaraan yang punya pola standar seperti yang paling kiri. Sisanya punya pola standar seperti yang paling kanan, misalnya BMW. Dengan diketahui adanya penyumbatan, maka bisa coba dilakukan pembersihan.
Gambar 4 : penyemprotan nozzle
Silakan buka tautan untuk melihat : Sparepart Diesel lainnya