Cara memasang seal oil yang benar

Cara memasang seal oil yang benar dapat mencegah terjadinya kebocoran akibat kesalahan dalam proses pemasangan, berikut ini beberapa langkah yang harus diikuti dalam proses pemasangan  oil agar tidak terjadi kerusakan pada oil seal yang dapat menyebabkan kebocoran:Pada skenario (a) adalah pemasangan seal yang normal (benar), yaitu ketika udara berada dibelakang arah tekanan oil. Sedangkan skenario (b) ditunjukan bahwa oli mengalir keluar kearah udara karena oil seal dipasang terbalik (salah).

Pastikan bahwa permukaan shaft yang akan kontak dengan seal terbebas dari karat dan scratch.

Berikan adhesive atau sealant pada bagian press fit dari oil seal. Untuk housing yang terbuat dari cast iron harus digunakan pipe sealant untuk mencegah kebocoran.

Pasang seal dengan main lip menghadap kesisi oli (hydraulic side). Untuk mencegah scratch pada outer plate seal, ujung dari tempat masuknya seal agar di camper. Karena scratch pada plate seal dapat menyebabkan kebocoran.

Lakukan pemasangan seal dengan cara press fit menggunakan tools yang sesuai.

Bila tidak memungkinkan untuk di-press, dapat menggunakan strike plate sebagai tumpuan

Perhatikan pada saat pemasangan oil seal tidak boleh miring dan tidak boleh dipukul langsung.

Berikan grease secukupnya (jangan berlebihan) pada  daerah lip setelah pemasangan, atau sebelum dipasang shaftnya untuk mencegah gesekan kering saat shaft mulai berputar

Untuk Lip Seal yang materialnya terbuat dari Teflon, saat pemasangannya tidak boleh diberi oli atau grease (harus kering). Untuk Lip seal yang terbuat dari Teflon biasanya diberi pelindung plastic, dan pelindung plastic tersebut boleh dilepas hanya pada saat pemasangan, agar selama penyimpanan bagian Lip dari seal tersebut terlindungi.

Demikian cara pemasangan seal oil yang benar yang piper comex sadur dari sumbernya NOK Corporation. Apabila ingin mengetahui analisa penyebab terjadinya kebocoran pada seal oil bisa

Penyebab Kebocoran Pada Seal Oil

Penyebab kebocoran pada seal oil sebenarnya hanya terbagi menjadi dua bagian saja, yaitu kebocoran pada bibir seal (lip seal) dan kebocoran pada bagian yang mengikat seal (press fit area).

Analisa penyebab kebocoran pada seal oil yang terjadi pada bagian lip nya dapat dilihat pada diagram dibawah ini:

Sedangkan analisa penyebab kebocoran pada seal oil yang terjadi pada bagian press fit area nya dapat dilihat pada diagram dibawah ini:ss

Demikian analisa penyebab kebocoran pada seal oil yang piper comex sadur dari sumbernya, yaitu NOK Corporation.

Untuk Mengetahui Jenis-Jenis Seal bisa dilihat di tautan berikut : Seal Oil NOK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *