Solusi Masalah Pada Mesin Diesel
I. Mesin Sukar Atau Sulit dihidupkan
1.Jika udara tercampur dalam saluran bahan bakar.
Cara mengatasinya:
- Injection pump (pompa bahan bakar) tidak akan bekerja dengan baik jika saringan, pipa penyalur atau Cap nut untuk pipa-pipa minyak kendur, atau udara tercampur kedalamnya.
- Tekanan pompa bahan bakar yang semestinya tidak dapat tercapai hal ini harus diperiksa dengan baik.
- Hilangkan udara yang ada di dalam saringan dan pompa penyalur minyak dengan mengendurkan sekrup pelepas udara.
2. Mulut pipa injection tersumbat.
Cara mengatasinya :
- Bersihkan dengan teliti karena air atau debu tercampur dalam minyak bahan bakar.
3. Kelonggaran klep tidak distel dengan baik.
Cara mengatasinya :
- Stel sesuai dengan kelonggaran klep yang dianjurkan 0,2 mm pada saat mesin dalam keadaan dingin.
4. Waktu penyemprotan bahan bakar salah.
Cara mengatasinya :
- Stel menurut waktu yang ditetapkan. Waktu yang baik adalah sesuai dengan tabel penyetelan yang ada.
5. Minyak pelumas melekat karena temperatur dingin dan putaran mesin berat.
Cara mengatasinya :
- Tuangkan air mendidih kedalam hopper ( tangki pendingin )
- Angkat penutup dari pembersih udara, dan tuangkan sedikit oli lewat klep isap. Hal ini akan menyebabkan tekanan kompresi lebih baik.
6. Tekanan kompresi kurang.
Cara mengatasinya :
- Dikarenakan dudukan klep kotor atau kerusakan pada piston ring atau juga cylinder linernya.
II. Tegangan Mesin Kurang
1.Mulut pipa tersumbat ( pipa injection )
Cara Mengatasinya :
- Bersihkan dengan teliti karena air atau debu tercemar dalam minyak bahan bakar.
2. Tekanan kompresi kurang
Cara mengatasinya :
- Dikarenakan dudukan klep kotor atau kerusakan pada piston ring atau juga cylinder linernya
3. Jumlah bahan bakar kurang.
Cara mengatasinya :
- Periksalah aliran bahan bakar.
- Bahan bakar yang ada di fuel tank (tangki bahan bakar) habis atau pipa-pipa minyak ada yang pecah / bocor.
4. Bagian – bagian yang bergerak terlalu panas atau aus
Cara mengatasinya :
- Bersihkan dan ganti minyak pelumas, kalau saringan kotor tidak akan berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan pelumasan kurang sempurna.
5. Waktu penyemprotan bahan bakar tidak distel dengan baik.
Cara mengatasinya :
- Waktu yang baik adalah sesuai dengan spesifikasinya. Bisa di lihat di
Penyetelan Penyemprotan Bahan Bakar Mesin Diesel
6. Kelonggaran klep tidak distel dengan baik, kerusakan pada pembersih udara.
Cara mengatasinya :
- Kelonggaran klep yang baik adalah 0,2 mm.
- Jagalah oli dalam crank case (blok mesin) sesuai petunjuk.
- Bersihkan dan gantilah oli baru setiap 100 jam kerja.
- Bersihkan air cleaner ( pembersih udara ) dan bilaslah dengan minyak tanah / solar setiap 100 jam kerja.
7. Putaran mesin tidak benar
Cara mengatasinya :
- Aturlah kecepatan putaran sesuai dengan petunjuk.
8. Tekanan penyemprotan bahan bakar tidak benar
Cara mengatasinya :
- Tekanan penyemprotan ( nozzle ) distel sesuai spesifikasinya.
9. pompa bahan bakar aus.
Cara mengatasinya :
- Plunger pada pompa menjadi aus dengan mudah apabila minyak bahan bakar / solar yang dipakai berkualitas jelek.