Sistem Pengapian Diesel mempunyai beberapa langkah kerja termasuk langkah perjuangan atau pembakaran. Langkah perjuangan ini menjadi langkah inti dimana dari langkah inilah sumber tenaga mesin terbentuk. Jika pada mesin bensin, kita mengenal sistem pengapian busi maka bagaimana dengan mesin diesel ? apakah cara kerja pengapian diesel sama menyerupai bensin ?
Sebelum menjawaban pertanyaan diatas, kita harus mengingat kembali prinsip dasar mesin diesel. Mesin diesel ialah jenis mesin pembakaran dalam dengan self combustion burning atau terbakar dengan sendirinya.
Mesin diesel ialah mesin self combustion (pembakaran sendiri)
Mengapa sanggup terbakar sendiri ? alasannya solar mempunyai titik nyala lebih kecil dibandingkan materi bakar lain, selain itu tekanan kompresi pada mesin diesel iti jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin bensin. Sehingga suhu udara ketika langkah kompresi lebih tinggi dengan titik nyala materi bakar rendah otomatis materi bakar akan terbakar oleh gerahnya suhu udara ketika langkah usaha.
Sehingga untuk pertanyaan diparagraf awal, pengapian pada mesin diesel dan bensin itu tidak sama. Perbedaan ini semata-mata bukan dikarenakan jenis materi bakarnya saja yang tidak sama namun karaktreristik mesin juga tidak sama.
Bagaimana Teknik Kerja Pengapian Diesel
- Pompa Injeksi
Komponen ini berfungsi membangkitkan tekanan solar menjadi cukup tinggi sampai 100 Kg/cm2. Tekanan tinggi ini diharapkan semoga solar sanggup keluar pada kondisi ruang bakar terkompresi dan dengan kondisi mengabut.
Selain berfungsi sebagai pembangkit tekanan solar, pompa ini juga berfungsi untuk mebgatur timming pengapian melalui sudut camshaft yang bertugas menekan pluner. Camshaft ini digerakan oleh crankshaft melalui timming chain, dan terdapat sentrifugal advancer untuk memajukan dan memundurkan timming pengapian.
Sekedar pengetahuan saja, pompa injeksi ada beberapa jenis. antara lain tipe Distributor, tipe Pneumatic dan tipe In-line. Untuk mengetahui selengkapnya terkena pompa injeksi, sanggup anda simak pada artikel cara kerja pompa injeksi tipe in line.
- Injektor
Jika pompa injeksi fungsinya untuk membangkitkan tekanan, fungsi injektor ialah mengeluarkan solar bertekanan dari dalam sistem. Prinsip kerja injektor pada mesin diesel itu cukup simple, didalam injektor terdapat nozzle yang terdorong oleh pegas. Saat anutan solar disekitar nozzle mengalami peningkatan tekanan, otomatis solar tersebut akan mendorong nozzle untuk bergerak melawan pegas. Karena pegas ini cukup kuat, maka pembukaan injektor berwujud lubang kecil, sehingga solar sanggup keluat dalam wujud kabutan.
- Pompa Solar
Apa bedanya pompa solar denga pompa injeksi ? bedanya pompa solar spesialuntuk bertugas menyalurkan solar dari tanki kedalam pompa injeksi. Sehingga kinerjanya sanggup dibilang cukup enteng.
Biasanya, pompa ini juga mempunyai fitur primping pump. Apa itu ? fitur ini memungkinkan kita untuk memompa anutan solar dari tanki ke pompa injeksi secara manual melalui sebuah pemompa.
Fungsinya digunakan untuk bleeding apabila terdapat molekul udara didalam sistem materi bakar diesel. Udara didalam sistem akan menggagakkan pembakaran mesin diesel, alasannya abjad udara yang sanggup dikompresi membuat tekanan solar menjadi drop.
Selain injektor, pompa solar dan pompa injeksi, masih ada lagi komponen yang mempengaruhi sistem materi bakar diesel. Namun ketiga komponen diatas, paling tidak yang sangat mempengaruhi pengapian diesel.
Combine Harvester
Combine Harvester
Roll Padi
Roll Padi
Combine Harvester
Combine Harvester
Combine Harvester
Combine Harvester
Combine Harvester
Combine Harvester
Combine Harvester
Combine Harvester