WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Empal Gentong, Si Makanan Khas Kota Udang

Empal Gentong, Si Makanan Khas Kota Udang

Hai, Sahabat Niagakita!

Cirebon, adalah salah satu kota besar di Jawa Barat. Kota Cirebon biasa disebut Kota Udang, namun tahukah Anda? Cirebon memiliki masakan khas yang bahan dasarnya sama sekali tidak menggunakan udang. Ya, Empal Gentong, merupakan salah satu kuliner khas yang wajib Anda cicipi bila datang ke Kota Kesultanan ini.

Empal Gentong sebenarnya memiliki penampilan yang mirip dengan gulai sapi lainnya, dengan irisan yang tidak terlalu kecil, ditambah dengan santan kental yang berwarna kekuningan. Meskipun bernama Empal Gentong, bukan berarti penyajiannya menggunakan gentong ya, Sahabat Niagakita!

Empal Gentong sendiri, bukanlah makanan asli dari Kota Cirebon, melainkan masakan dari Timur Tengah yang dibawa para sultan-sultan Timur Tengah pada abad ke-18 dan ke-19 ketika datang ke Pulau Jawa, khususnya ke Kota Cirebon. Lalu, diadaptasikanlah makanan ini dengan cita rasa masakan Kota Cirebon. Pada zaman dahulu, belum ada yang namanya panci ataupun wajan, sehingga proses pembuatannya dulu menggunakan gentong yaitu periuk yang terbuat dari tanah liat. Oleh Sebab itu, dinamakanlah masakan ini, Empal Gentong.

Lalu, ada satu hal lagi yang unik dari proses memasak Empal Gentong. Yaitu, bahan bakar untuk memasak adalah menggunakan kayu bakar. Jika menilik ke belakang, tentunya karena pada zaman dahulu tidak ada kompor minyak tanah maupun kompor gas. Tapi selain itu, kayu bakar yang umumnya kayu dari pohon mangga, dapat mempertahankan cita rasa dari Empal Gentong tersebut, sehingga di zaman modern ini pun, beberapa rumah makan di Cirebon yang menjual Empal Gentong masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar dalam memasaknya, begitupun dengan gentongnya.

Empal Gentong, biasanya disajikan dengan nasi maupun lontong, dengan cabai bubuk yang dapat ditambahkan sesuai selera. Makanan ini sangat cocok dimakan ketika masih hangat sehingga terasa segar dan gurih dari kuah santan yang sudah diberi perasan jeruk nipis.

Demikaian artikel tentang Empal Gentong, Si Makanan Khas Kota Udang. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Sumber : Okezone

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *