Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.

Fungsi & Cara Pengoperasian Combine Harvester

Fungsi & Cara Pengoperasian Combine Harvester 1

Sahabat Niagakita,

Kami akan membagikan Informasi mengenai Fungsi & Cara Pengoperasian Combine Harvester,

Combine Harvester merupakan Alsintan pertanian yang kompleks dalam berbagai kegunaan pasca panen pada areal lahan yang sangat luas. Sebenarnya untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian, masyarakat harusnya mengetahui peran penting dari penerapan alat ini, yang sangat menguntungkan dari segi ekonomi

Combine harvester merupakan alat mesin pertanian serbaguna dalam penanganan hasil pertanian, berbagai macam jenis-jenis combine di keluarkan oleh Negara Jepang pada tahun 1997. pada dasarnya combine merupakan alat mesin pertanian  kompleks yang di pergunakan pada saat pasca panen (pemanenan) di areal lahan yang luas dengan waktu yang relative singkat, contohnya pada padi. Selain memotong combine dapat merontokkan padi secara langsung serta mengarungkan padi dalam satu proses sekaligus.

Fungsi & Cara Pengoperasian Combine Harvester 2

            Berikut beberapa fungsi dan cara pengoperasian alat dan mesin pertanian combine pada areal lahan :

  1. Fungsi bagian-bagian combine harvester
  1. Reel : fungsinya, menarik/mengait batang tanaman padi dari posisi tegak kearah pisau pemotong.
  2. Auger dan konveyor kanvas : Fungsinya, mengumpulkan batang padi yang sudah terpotong kearahtengah dimana terdapat konveyor kanvas. Konveyor kanvas ini selanjutnya membawa padi ini ke bagian Perontokan.
  3. Silinder perontok : Fungsinya merontokkan (melepaskan) butiran gabah dari malainya gabahdari batang yang baru masuk. Gabah yang masih belum terpisah dari malainyayang masih terkumpul dari hasil penyaringan dibawa kembali oleh konveyormangkok kebagian perontok untuk dirontokkan kembali.
  4. Unit pembersih/pemisah : Berfungsi untuk membersihkan padi yang telah rontok dari potonganbatang, daun, malai dan benda asing lainnya. Proses pemisahan dan pembersihanini berlangsung beberapa tahap penayaringan dan penampian.
  5. Konveyor mangkok dan konveyor screw Konveyor mangkuk : berfungsi membawa bahan (butiran gabah) ke bagianatas, sedangkan Konveyor screw membawa bahan (butiran gabah) dalam arahhorizontal.

Part Combine Harvester

Poros Ulir DC 70

Rp 858,700
Rp 6,500
Rp 22,500
Rp 50,000
Rp 22,500
Rp 112,500
Rp 31,200
Rp 31,200
  1. Cara mengoperasikan Combine harvester

1. Menghidupkan combine

Combine menggunakan mesin yang bahan bakar diesel, dimana cara menghidupkannya dengan sistem starter yang menggunakan arus DC (baterai). Sebelum menghidupkan pastikan dan perhatikan transmisi utama, pengatur kecepatan, gas dalam keadaan netral dan tongkat kopling dalam keadaan parking.Putar kunci kontak kekiri untuk pemanas busi pijar dan tunggu hingga lampu padam. Kemudian langsung putar kekanan untuk On-kan dan start dimulai, jangan mengstarter lebih dari 5 detik karena dapat mengakibatkan over-hot yang langsung merusak bagian-bagian sistem tersebut.

        2. Memajukan/ menjalankan dan memundurkan combine.

Combine dapat bergerak maju jika mesin penggeraknya hidup,kemudian masukkan gigi transmisi utama dengan kecepatan low, netral, high dan deep dengan porseneling maju 1,2 dan 3 dan mundur R. Pastikan pandangan operator/ pengemudi luruske depan atau mengontrol semua sistemnya agar tidak terjadi hal-halyang tidak diinginkan atau menimbulkan kecelakaan.

3. Membelokkan combine

Sistem pembelokan pada combine hampir sama dengan sistem pembelokan pada traktor. Namun sistem pembelokan combine lebih efektif dikarenakan pembelokan combine kearah kiri dan kanan dapat dioperasikan langsung hanya dengan satu tongkat saja.

          4. Menghidupkan thresser, pisau pemotong pada combine

Sistem thresser pada combine sama dengan sistem thresser biasa tapithresser pada combine dilengkapi dengan sistem transmisi pengatur kecepatan putaran. Tarik tuas thresser,kemudian sesuaikan kecepatan putarannya biar kan padi dan jerami dirontokkan selama 2-3 menit. Dan jika ingin memotong padi, tarik tuas pisau lalu sesuaikan dengan kecepatan putarannya dan juga jarak pemotongannya.

           5. Menghentikan combine

Combine dapat dihentikan dengan cara perlahan-lahan, yakni cukup tarik tuas kopling keposisi parking atau menginjak handle kopling kemudian off-kan semua sistem transmisi. Dikarenakan combine dilengkapi dengan system pengereman hidraulik otomatis bukannya manual.

Artikel tentang Combine Harvester : Prinsip Kerja Mesin Panen Padi Atau Combine Harvester

  1. Sistem Transmisi

                 Perbedaan utama mesin combine dengan mesin reaper dalam bagian-bagian utamanya adalah bahwa pada mesin ini dilengkapi dengan mesin perontok gabah dan pembersih gabah. Selain dari pada itu, juga dari mesin ini tidak adamekanisme tali pengikat. Karena batang padi yang terpotong langsung dibawa dandijepit kebagian perontok, dimana gabah yang telah rontok diteruskan kebagianpembersih dengan sistem hembusan oleh kipas, sedangkan batang, daun dangabah hampa dibuang ke atas permukaan tanah.Karena untuk mempermudah perjalanan diatas permukaan tanah yangumumnya basah, pada mesin combine roda yang digunakan adalah roda rantai (seperti kendaraan yang dimiliki Militer ”tank”). Roda rantai ini disebut juga roda ”crawler” yang memiliki tingkat flesibilatas dan cengkraman yang tinggi untuk segala keadaan tanah.

Kami Menjual berbagai kebutuhan Spare part, silakan buka tautan berikut :  Spare part Combine harvester.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *