Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.

Prinsip Kerja Governor

Prinsip Kerja Governor 1

Prinsip Kerja Governor merupakan seperangkat komponen pada mesin diesel yang berfungsi sebagai pengendali putaran mesin agar tetap seimbang dan pada saat yang bersamaan mengendalikan output daya.

Mesin Kubota berkapasitas 4,5 – 25 HP menggunakan governor mekanik untuk segala kecepatan. Pengendalian berlaku pada setiap kecepatan antara putaran terendah (stationer) sampai putaran tertinggi.

Prinsip kerjanya berdasarkan azas sentrifugal

Prinsip Kerja Governor 2

  1. Pada saat menghidupkan / start

Ketika speed control lever digerakkan ke arah A, governor lever dengan perantara governor spring akan tertarik ke arah C. Pada saat itu kedua governor weight belum ada gaya sentrifugal yang bekerja, selama mesin belum dinyalakan. Demikian control rack bergerak ke arah posisi bahan bakar maksimum bagi penyalaan awal dari mesin

 

  1. Pada saat putaran minimum ke maksimum

Ketika putaran mesin berada antara rpm minimum ke maksimum, akan dicapai suatu kecepatan tertentu dimana terjadi keseimbangan antara tegangan governor spring dengan gaya sentrifugal dari kedua governor weight, yang disalurkan melalui governor shaft. Apabila beban dinaikkan, putaran mesin akan cenderung menurun dan gaya sentrifugal akan menurun pula, oleh karena itu control rack bergerak ke arah C sehingga kedudukan bahan bakar akan bertambah, dari posisi putaran seimbang yang terdahulu menuju ke putaran seimbang yang semestinya. Dengan cara ini, putaran mesin akan dikendalikan secara otomatis pada putaran yang konstan.

 

  1. Pada saat putaran maksimum

Ketika speed control lever bergerak ke arah A, governor weight berada pada kedudukan gaya sentrifugal maksimum, juga governor lever menyentuh fuel limiter.

Begitu beban dinaikkan, putaran akan menurun, mengurangi gaya sentrifugal dari governor weight. Kemudian governor lever mendorong fuel limiter (yang terdiri dari pin dan pegas) dan bergerak ke arah C.

Demikian, control rack terletak pada posisi penyemprotan bahan bakar maksimum akan menghasilkan out put daya yang maksimum pula.

 

  1. Pada saat mesin dimatikan

Ketika speed control lever bergerak ke arah B sepenuhnya (posisi STOP), maka governor spring menggerakkan governor lever ke arah D sehingga control rack ditempatkan pada posisi ‘STOP’ (tidak ada bahan bakar yang disemprotkan) oleh karena itu mesin akan mati.

Mesin & Sparepart Kubota

CRANK CASE ,COMP RD 85 DI – 2T

Rp 1,904,000

Mesin & Sparepart Kubota

Piece Nozzle RD 85 Di 1/2 – S

Rp 580,000

Crank Shaft RD 95-110-115

Piston RD 110 DI-2T

Rp 425,000

Vertical Diesel Engine

ASSY RADIATOR D1105

Rp 7,400,000

Mesin & Sparepart Kubota

CLAMP NOZZLE RD 75-85 / 105-115 DI -1/2

Rp 45,000

Mesin & Sparepart Kubota

Bush Idle Gear RD 85 DI – 2

Rp 55,000

Mesin & Sparepart Kubota

RETAINER MAIN BEARING RD 45-55-65

Rp 11,000

Mesin & Sparepart Kubota

COVER, DECOMP HOLE RD 50-55-65

Rp 5,000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *