Solusi Masalah Pada Mesin Diesel
III. Mesin Mati Dengan Tiba-tiba
1.Kekurangan Minyak Bahan Bakar
Cara mengatasinyaa :
- Periksalah bnyaknya minyak dalam tanki dan isilah kembali serta periksalah aliran bahan bakar.
2. Mulut pompa bahan bakar atau injection pump rusak.
Cara mengatasinya:
- Ganti dengan yang baru
3. Part atau bagian-bagian yang bergerak terlalu panas atau aus karena kekurangan minyak pelumas atau sistem pelumasan kurang baik.
Cara mengatasinya :
- Tambahkan minyak pelumas jika kurang. Periksa banyaknya minyak pelumas melalui oil gauge ( pengukur isi minyak pelumas ).
- Bersihkan saringan minyak pelumas dan periksa aliran minyak pelumasnya.
IV. Gas Bekas Yang Keluar Menjadi Tua Warnanya.
1.Mesin Terlalu Banyak Muatan.
Cara mengatasinya :
- Kurangi muatannya.
2. Minyak Bahan Bakar Sangat Jelek.
Cara Mengatasinya :
- Jangan memakai bahan bakar / solar yang tercampur minyak tanah atau kotoran lain yang mengendap.
- Pilihlah dan pakailah jenis bahan bakar yang berkualitas baik.
3. Pembakaran Tidak Sempurna.
Cara mengatasinya :
- Periksalah tekanan nozzlenya dan bentuk katubnya, bila jelek ganti piece nozzlenya
- Waktu penyemprotan bahan bakar yang tidak tepat atau terjadi kebocoran kompresi.
V. Mesin Harus Dimatikan Cepat-Cepat Jika
1.Kecepatan bertambah atau berkurang.
Cara mengatasinya :
- Periksalah bahan bakarnya.
2. Terdengar suara / bunyi yang tidak biasa terjadi.
Cara mengatasinya :
- Periksa masing-masing part atau bagian yang bergerak dengan teliti.
3. Gas yang keluar menjadi tua secara tiba-tiba.
Cara mengatasinya :
- Periksa aliran bahan bakar terutama mulut pipa penyalur.
note : untuk melihat artikel sebelumnya klik tautan berikut Solusi Masalah Pada Mesin Diesel (Bag 1)

NUT, FLYWHEEL RD 160 / KND 180-190-220-250-315
SHAFT BALANCER RD 85 DI - 2
Bulb Lamp Head RD 85 DI - 1/2 S
N2 LB 92 V-Belt MBI
B96 V-Belt MBI
Bolt, Connecting Rod RD 95 - 105 - 115 DI
NUT,CAP APPARATUS FUEL LIMITER RD 75-85 / 105-115 DI -1/2
PUMP ASSY D1105 