WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

FUNGSI DAN TIPE FENDER PELABUHAN

Dalam perkapalan, Fender adalah bumper yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat ke dermaga atau pada saat kapal yang sedang ditambatkan tergoyang oleh gelombang atau arus yang terjadi di pelabuhan. Untuk mampu melakukan peredaman, fender biasanya memiliki daya serap energi yang tinggi dan gaya reaksi yang rendah. Fender umumnya terbuat dari karet, busa elastomer, atau plastik. Jenis fender yang digunakan tergantung pada banyak variabel, antara lain ukuran dan berat kapal, stand-off maksimum yang diizinkan, struktur kapal, variasi pasang-surut, dan kondisi tempat tertentu lainnya. Ukuran fender didasarkan pada energi kapal saat berlabuh yang berhubungan dengan ketepatan kecepatan berlabuh.

Yacht dan kapal pendukung biasanya memiliki fender yang dapat dipindahkan yang ditempatkan di antara kapal dan dermaga saat kapal merapat. Dermaga dan bangunan di atas air lainnya, seperti pintu masuk kanal dan dasar jembatan, memiliki fender permanen yang ditempatkan untuk mencegah kerusakan akibat benturan kapal. Ban-ban bekas sering digunakan sebagai fender di beberapa tempat.

TIPE – TIPE FENDER

Fender dibuat dari bahan elastis, seperti kayu atau karet. Fender kayu bisa berupa batang kayu yang dipasang di depan muka dermaga atau tiang kayu yang dipancang. Saat ini fender kayu sudah tidak banyak digunakan, mengingat harga kayu tidak lagi murah dan masalah lingkungan yang muncul dengan penebangan pohon. Kecuali untuk pelabuhan kecil di daerah Sumatera, Kalimantan, dan Papua dimana masih tersedia cukup banyak kayu. Fender karet yang merupakan produk pabrik semakin banyak digunakan karena kualitasnya lebih baik dan banyak tersedia di pasaran dengan berbagai tipe.

  1. Fender Kayu

Fender kayu bisa berupa batang-batang kayu yang dipasang horizontal atau vertikal di sisi depan dermaga. Untuk fender dari kayu yang digantung pada sisi dermaga, panjang fender sama dengan sisi atas dermaga sampai muka air. Fender kayu ini mempunyai sifat untuk menyerap energi.

Sedangkan pada fender kayu yang berupa tiang pancang yang dilengkapi dengan balok memanjang (horizontal), fender tersebut ditempatkan di depan dermaga dengan kemiringan 1:24 dan akan menyerap energi karena defleksi yang terjadi pada waktu dibentur kapal. Penyerapan energi tidak hanya diperoleh dari defleksi tiang kayu, tetapi juga dari balok kayu memanjang. Tiang kayu dipasang pada setiap seperempat bentang.

Fender jenis ini makin kurang penggunaannya, karena semakin sulit mendapatkan kayu panjang.

  1. Fender Karet

Fender karet adalah produk barang jadi yang digunnakan untuk mencegah benturan langsung antara kapal dengan dinding dermaga yang dapat mengakibatkan kerusakan, baik pada sisi kapal yang langsung bersandar maupun sisi dermaga yang menahan badan kapal. Penggunaan lainnya pada struktur dimana perlindungan akan hentakan dan benturan diperlukan seperti, warehouse (gudang) dan sebagainya. Sesuai dengan fungsi dan fender harus mampu mengabsorbsi energinya, benturan yang tinggi dengan gaya reaksi yang relative rendah serta melibatkan perhitungan terhadap jenis/berat kapal, kecepatan dan sudut sandarnya.

Saat ini fender karet banyak digunakan pada pelabuhan. Fender karet diproduksi oleh pabrik dengan bentuk dan ukuran berbeda tergantung pada pabrik pembuat fender yang memberikan karakteristik fender yang diperoduksinya. Fender dengan tipe yang sama tetapi diperoduksi oleh pabrik yang berbeda bisa mempunyai karakteristik yang berbeda.

Berikut beberapa tipe-tipe karet fender, yaitu:

  • Fender ban bekas mobil

Bentuk paling sederhana dari fender karet adalah ban-ban bekas mobil yang dipasang pada sisi depan disepanjang dermaga. Fender ban mobil ini digunakan pada dermaga untuk merapat kapal-kapal kecil. Karena tekanan kapal pada waktu merapat, ban mobil akan mengalami defleksi dan menyerap energi benturan.

  • Fender tipe A

fender tipe A yang dipasang pada dermaga dengan menggunakan baut. Karakteristik fender tersebut diberikan oleh pabrik menunjukan hubungan antara defleksi dan gaya reaksi serta defleksi dan energi yang diserap fender A dengan tipe KAF 400H x 1000L. dalam perencaaan system fender, tipe dan ukuran fender dipilih berdasarkan energi yang ditimbulkan oleh benturan kapal. Nilai-nilai tersebut berada diantara kedua nilai batas atas dan bawah tersebut. Gaya dan energi yang diserap untuk berbagai ukuran fender tipe A pada defleksi 45

  • Fender tipe V

Fender tipe V adalah jenis fender yang telah dioptimalkan untuk peningkatan penyerapan energi untuk gaya reaksi rasio. Fender tipe V mempunyai bentuk serupa dengan fender A.

  • Fender tipe D

Fender tipe D memiliki gaya reaksi, dengan penyerapan yang lebih tinggi biasa digunakan untuk frame dermaga dan kapal-kapal yang lebih kecil karena lebar kebawah.

  • Fender tipe sel

Fender tipe sel adalah fender dengan kekuatan reaksi rendah dan kemampuan penyerapan energi yang tinggi. Karet fender sel dilengkapi dengan fronal frame. Produk tersebut memiliki karakteristik penyerapan tenaga yang lebih tinggi, dan sangat handal untuk penggunaan di dermaga/ pelabuhan dengan kapal besar. Fender tipe sel ini dipasang pada sisi depan dermaga dengan menggunakan baut. Sisi depan fender dipasang panel contact. Karakteristik fender tersebut diberikan oleh pabrik pembuatnya.

  • Fender tipe silinder

Fender tipe silinder adalah salah satu system fender sederhana yang digunakan seabgai bantalan tempat kapal berlabuh. Fender dengan desain ini  dapat digunakan dengan fleksibel dan mudah dalam pemasangannya. Fender tiper silinder ini sudah digunakan selama bertahun-tahun sebagai pelindung kapal dan dermaga. System karet fender dermaga tipe silinder ini merupakan system yang paling umum digunakan diseluruh dunia. Tipe silinder ini memiliki fisik yang tebal, kuat, dan dapat melindungi kapal dari abrasi/aus. Seperti jenis fender karet lainnya, fender tipe silinder ini juga memiliki gaya reaksi yang lebih rendah daripada tingkat energinya. Fender jenis ini diproduksi oleh proses pencetakan kompresi di bawah dan suhu tinggi yang dapat menghasilkan senyawa karet homogen yang tidak berpori, sehingga meningkatkan kemampuan dari karet fender dermaga jenis ini.

Karet fender tipe silinder ini memiliki bentuk desain silinder berongga yang dapat diproduksi dengan ukurran yang fleksibel dengan kombinasi antara ukuran panjang dan diameternya. Ukuran ini ditentukan sesuai dengan berbagai persyaratan dan kebutuhan. Karet fender tipe silinder ini umumnya diproduksi dengan ukuran diameter luar  15 cm hingga 2,6 m.

Fender tipe silinder memiliki reaksi yang progresif sehingga cocok digunakan pada pelabuhan tempat berlabuhnya berbagai jenis kapal baik untuk kapal besar dan kapal kecil. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu system fender yang paling umum digunakan untuk sarana dermaga dan kelautan.

Daya tahan fender ini umumnya akan bergantung pada keadaan lingkungan alam disekitarnya seperti: suhu, dampak lapisan ozon, intensitas cahaya matahari, polusi, kadar garam, air, minyak, jenis kapal, frekuensi kapal yang berlabuh.

Ada berbagai metode untuk pemasangan atau instalasi karet fender demaga tipe silinder ini. Salah satunya dengan cara sederhana yaitu dengan memassangnya dengan menggunakan pengikat rantai.

Proses pemasangan karet fender tipe silinder aga sederhana dan dapat diinstal secara vertikal, horizontal atau diagonal juga dan tentunya disesuaikan dengan kondisi dermaga atau pelabuhan beserta posisi kapal yang akan berlabuh. Selain dipengaruhi oleh ukuran karet fender tipe silinder tersebut, proses pemasangan ini tergantung juga dengan model dan bentuk dari karet fender tipe silinder yang akan dipasang. Umumnya proses pemasangan ini menggunakan kombinasi bantalan logam baja dengan rantai, atau hanya dengan rantai saja.

Berikut adalah beberapa nilai tambah yang dimiliki oleh karet fender tipe silinder:

  • Merupakan jenis atau tipe karet fender serbaguna dan paling umum digunakan diseluruh dunia.
  • Memiliki nilai ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan jenis karet fender dermaga lainnya ( Membutuhkan biaya relative rendah).
  • Proses instalasi sederhana.
  • Memiliki variasi ukuran yang banyak.
  • Mudah perawatannya.
  • Memiliki kinerja yang tinggi dan sangat tahan lama.
  • Digunakan disemua jenis dermaga atau pelabuhan.
  • Memiliki gaya reaksi lebih besar dibandingkan jenis karet fender modern yang lainnya.
  • Memiliki ketahanan abrasi yang tinggi.
  1. Fender Gravitasi

Fender grafitasi yang digantung sepanjang dermaga dan dibuat dari tabung baja yang diisi dengan beton dan sisi depan diberi pelindung kayu dengan berat 15 ton. Apabila terbentur kapal, fender akan bergerak kebelakang dan keatas, sehingga kecepatan kapal dapat dikurangi, karena untuk menggerakan kebelakang dibutuhkan tenaga yang cukup besar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *