WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan, Ikan dikenal sebagai salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, selain daging dan ayam. Namun, penduduk Indonesia masih tergolong rendah dalam hal mengonsumsi ikan, terutama penduduk di pulau Jawa. Di Jawa, konsumsi ikan masih 32 kg per kapita per tahun, sementara di Sumatera dan Kalimantan konsumsi ikannya antara 32-43 per kapita per tahun, dan di Indonesia bagian timur sebanyak 40 kg per tahun, menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Padahal, manfaat makan ikan sangat banyak, terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Sayangnya, banyak penduduk Indonesia yang lebih memilih untuk makan daging dan ayam sebagai sumber protein dibandingkan ikan. Padahal, nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam

1.      Membantu pertumbuhan, terutama pertumbuhan otak dan tulang anak

Selain protein yang tinggi, ikan juga mengandung asam lemak omega 3 (yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak), serta kalsium, vitamin D, dan fosfor (yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang). Tak hanya itu, ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium. Semua vitamin dan mineral tersebut tentu sangat dibutuhkan anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

2.      Mencegah penyakit jantung

The American Heart Association merekomendasikan konsumsi ikan setidaknya 2 kali per minggu sebagai bagian dari diet sehat. Sedangkan, Kementerian Kesehatan RI sendiri merekomendasikan untuk makan ikan sebanyak 2-3 kali per minggu.

Ikan mengandung protein, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat baik untuk kesehatan jantung. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi ikan yang kaya akan omega 3 (seperti tuna, sarden, salmon, trout, dan makerel) dapat mengurangi kadar lemak dalam darah, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

3.      Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang makan ikan dengan cara dipanggang memiliki volume otak yang lebih besar dan sel otak yang lebih besar di area otak yang bertanggung jawab untuk ingatan dan belajar. Nah, para ahli percaya bahwa orang yang memiliki volume otak lebih besar memiliki risiko penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer yang lebih rendah.

Hal ini mungkin terkait dengan substansi abu-abu di otak, bagian otak yang mengandung neuron yang memproses informasi dan menyimpan ingatan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan ikan setiap minggu memiliki lebih banyak substansi abu-abu di pusat otak yang mengatur emosi dan ingatan.

4.      Mengurangi risiko depresi

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa makan ikan dapat membantu mengurangi risiko depresi. Hal ini mungkin karena kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan. Penelitian membuktikan bahwa konsumsi ikan dapat lebih meningkatkan efektivitas obat antidepresan, dibandingkan jika Anda hanya mengonsumsi obat antidepresan saja.

Asam lemak omega 3 dalam ikan juga dapat membantu mengatasi gangguan mental lainnya, seperti gangguan bipolar. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk fungsi otak yang sehat.

5.      Menurunkan Hipertensi

Seafood atau ikan tidak sama dengan daging sapi. Kandungan lemak di dalam seafood sangat rendah, sehingga baik dikonsumsi meskipun dalam jumlah yang besar. Aneka seafood seperti udang, kepiting, dan lobster juga memiliki kadar protein yang tinggi. Ditambah lagi kandungan Omega 3 yang ampuh memerangi kolesterol jahat dan dipercaya ampuh untuk menurunkan tingkat hipertensi seseorang.

6.      Memperlambat Proses Penuaan

Selain mengandung asam lemak Omega 3, seafood dan ikan juga kaya akan vitamin dan protein. Ketiga kandungan ini sangat baik untuk memerangi proses penuaan dini akibat penggunaan krim wajah yang tidak sesuai ataupun paparan sinar matahari di siang hari.

Seafood dan ikan juga memiliki kandungan kolagen yang sangat baik untuk membantu proses regerasi kulit, sehingga kulit tetap sehat dan terlihat muda dari usia seharusnya. Apabila kulit wajah mulai tidak kencang dan timbul keriput, perbanyak konsumsi seafood dan ikan untuk mengembalikan kecantikan kulit.

7.      Mengatasi Jerawat

Remaja yang berada di masa akil balig atau pertumbuhan sering mengalami masalah di kulit, seperti jerawat. Daripada menggunakan krim-krim wajah untuk menghilangkan jerawat, lebih bagus perbanyak konsumsi seafood dan ikan-ikan segar. Kandungan kolagen dan protein yang terdapat pada seafood sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, seafood dan ikan juga mampu menstabilkan tingkat pH pada kulit. Sehingga produksi minyak berlebih pada kulit dapat dinetralisir dengan baik.

8.      Meningkatkan Daya Ingat

Aneka seafood dan ikan-ikanan, seperti ikan salmon ternyata sangat baik untuk menjaga sekaligus meningkatkan kinerja otak, sehingga bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Dengan mengonsumsi ikan salmon secara rutin, perkembangan otak anak pun jadi jauh lebih sempurna. Kandungan Omega 3 pada ikan salmon memiliki peran aktif dalam perkembangan sel otak anak.

Sayangnya, ikan salmon sedikit sulit ditemukan di Indonesia. Selain itu, harganya juga lumayan mahal sehingga sering menjadi bahan pertimbangan bagi ibu-ibu rumah tangga ketika ingin menjadikan salmon sebagai menu makanan bagi anggota keluarga.

9.      Manfaat lain

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, ikan juga mempunyai manfaat lain, seperti:

  • Melindungi mata dari penurunan fungsi karena penuaan. Penelitian menunjukkan rutin konsumsi ikan berhubungan dengan penurunan degenerasi makula pada wanita.
  • Mencegah penyakit asma pada anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengonsumsi ikan lebih kecil berisiko terkena asma.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 1. Beberapa penelitian menunjukkan konsumsi ikan yang mengandung omega 3 berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 pada anak dan dewasa.

 

 

 

 

 

 

Rp 134,993,308
Rp 141,000

Combine Harvester

Roller DC 70 / Iseki HC 80

Rp 625,313
Rp 250,000

Combine Harvester

Concave DC 70

Rp 1,482,955
Rp 6,700
Rp 13,300
Rp 14,400
Rp 1,133,859
Rp 7,500,000
Rp 72,000
Rp 185,000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *