Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.

Pentingnya Mencuci Tangan

Pentingnya Mencuci Tangan 1

Mencuci Tangan

Kebiasaan mencuci tangan memang terlihat sepele, namun memiliki manfaat besar untuk kesehatan salah satunya bisa mencegah penyakit serius seperti virus Corona yang akhir-akhir ini membuat gempar warga dunia termasuk masyarakat Indonesia. Bukan hanya dapat mencegah virus Corona, rajin mencuci tangan juga bisa menghindarkan kamu dari risiko mengalami diare hingga Hepatitis A.

Perlu kamu ketahui bahwa tangan yang tidak bersih akibat lupa cuci tangan dapat menjadi media penularan berbagai macam penyakit. Tangan yang kotor juga bisa menjadi sarang virus dan bakteri yang setelah menempel di tangan akan masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mulut atau anus.

Salah satu upaya efektif menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Manfaat mencuci tangan ada banyak. Anda bisa mempraktikan cara mencuci tangan secara teratur dan mengajak orang-orang sekitar untuk juga melakukannya. Badan kesehatan dunia (WHO) juga menyatakan bahwa kedua tangan kita merupakan jalur utama masuknya kuman penyakit ke dalam tubuh. Itu sebabnya, selain menjalankan gaya hidup sehat, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun akan mengurangi dan mencegah timbulnya penyakit. Banyak manfaat mencuci tangan yang sayang jika kita abaikan.

Centers of Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa sebenarnya, secara tidak langsung mencuci tangan akan mengurangi dan membunuh jumlah kuman di tangan. Dalam hal ini mencuci tangan lebih disarankan menggunakan sabun dan air yang mengalir karena lebih efektif daripada pembersih tangan seperti hand sanitizer. Pasalnya pembersih tangan atau hand sanitizer tidak membersihkan secara efektif pada saat setelah berolahraga atau ketika tangan berminyak dan kotor.

Lakukan kebiasaan mencuci tangan dengan benar seperti menggunakan sabun dan air yang mengalir. Bersihkan telapak tangan secara menyeluruh hingga punggung tangan dan sela jari-jari lakukan selama kurang lebih selama 20 detik dan setelah selesai keringkan dengan kain  yang bersih atau lap sekali pakai.

Berikut manfaat mencuci tangan untuk kesehatan yang telah dirangkum merdeka.com dari berbagai sumber.

Mencuci Tangan Dapat Cegah Penyakit Serius

Pentingnya Mencuci Tangan 2

Membiasakan diri untuk rajin cuci tangan akan menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit serius yang sebelumnya mungkin saja sering dianggap sepele. Kita semua tahu bahwa bagian tubuh yang paling rentan menjadi sarang virus dan bakteri adalah tangan.

Bagaimana tidak, kita sering melakukan banyak aktivitas dan secara tidak sadar tangan kita sering kali berinteraksi dengan hal-hal yang menebarkan kontaminasi seperti berjabat tangan, memegang tangga, membuka pintu, memegang fasilitas umum atau memang uang. Maka dari itu, mencuci tangan menjadi salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memutus rantai penyebaran berbagai macam penyakit serius.

Penyakit-penyakit yang bisa kamu cegah dengan rajin mencuci tangan adalah infeksi parasit, diare, infeksi nosokomial, pneumonia, mencegah wabah seperti Corona, hepatitis A hingga gastroenteritis.

ARTIKEL TERKAIT

APA ITU COVID-19

CARA PENANGKALAN COVID-19

DAMPAK EKONOMI AKIBAT COVID-19

Waktu untuk Mencuci Tangan

Pentingnya Mencuci Tangan 3

Mencuci tangan sebaiknya selalu rutin dilakukan setiap sebelum dan sesudah beraktivitas. Lebih tepatnya kamu perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah menyiapkan bahan makanan, sebelum dan sesudah mengganti popok, setelah buang air besar maupun buang air kecil, setelah bersin maupun batuk, sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak.

Tidak hanya itu, cuci tangan juga perlu kamu lakukan setelah menyentuh binatang karena bulu binatang merupakan penyumbang bakteri dan kuman yang sangat besar, kamu juga harus cuci tangan setelah menyentuh sampah atau sebelum menangani luka. Begitu pun saat kamu menyentuh fasilitas umum seperti tiyang di stasiun, mesin ATM, pintu toilet umum dan sebagainya.

Cara Mencuci Tangan

Pentingnya Mencuci Tangan 4

Inilah lima langkah dalam mencuci tangan dilansir dari tribunews.com

  1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin), matikan keran, dan oleskan sabun.
  2. Lapisi tangan dengan menggosoknya bersama sabun. Sisir bagian belakang tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku.
  3. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik.
  4. Bilas tangan Anda dengan air bersih yang mengalir.
  5. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau keringkan dengan tisu.

Mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman di sebagian besar situasi. Jika sabun dan air tidak tersedia, kamu dapat menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

Cara menggunakan pembersih tangan

  1. Oleskan produk gel ke telapak tangan satu
  2. Gosok kedua tangan.
  3. Gosokkan gel ke seluruh permukaan tangan dan jari hingga tangan kering.

Hand sanitizer yang mengandung alkohol dapat dengan cepat mengurangi jumlah mikroba di tangan meskipun pembersih tidak menghilangkan semua jenis kuman. Selain itu mungkin tidak efektif ketika tangan tampak kotor atau berminyak. Ketika tangan sangat kotor atau berminyak, hand sanitizer mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Cuci tangan dengan sabun dan air dianjurkan dalam keadaan seperti itu. Selain itu, hand sanitizer mungkin tidak menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti pestisida dan logam berat, dari tangan. Pembersih tangan berbasis etil alkohol (etanol) ini aman bila digunakan sesuai petunjuk, tetapi dapat menyebabkan keracunan alkohol jika seseorang menelan lebih dari beberapa suap. Sehingga sabun dan air lebih efektif daripada hand sanitizer untuk menghilangkan beberapa jenis kuman, seperti Cryptosporidium , norovirus , dan Clostridium difficile 1-5. Meskipun pembersih tangan berbahan dasar alkohol dapat menonaktifkan banyak jenis mikroba dengan sangat efektif ketika digunakan dengan benar, lebih baik melalukan cuci tangan dengan sabun.

BACA JUGA

ISTILAH SEPUTAR CORONA

KEGIATAN MENARIK SAAT COVID-19

Klik lebih lanjut https://niagakita.id/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *