Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.

PSBB Di Tengah Covid-19

PSBB Di Tengah Covid-19 1

Apa itu PSBB?

 

Akhir-akhir ini ini kita mungkin sering mendengar kata-kata PSBB dari berbagai media maupun dari orang di sekitar kita. Apakah itu PSBB, apakah ada kaitannya dengan virus corona covid-19? Apa dampaknya bagi kita dan bagaimana cara menghadapinya. Ketahui yuk segala hal tentang PSBB, Niagakita mencoba merangkum semuanya dari berbagai sumber.

Pengertian PSBB

PSBB Di Tengah Covid-19 2

PSBB adalah singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar, atau pembatasan kegiatan tertentu dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 1 Permenkes No 9 Tahun 2020 yang berbunyi:

“Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19.”

Tujuan PSBB

PSBB Di Tengah Covid-19 3

Tujuan utama PSBB adalah untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19 dengan cara membatasi aktivitas orang-orang dalam suatu kegiatan yang menimbulkan suatu kerumunan atau yang melibatkan orang banyak.

Artikel Terkait:

Apa itu Covid-19?

Penangkalan Covid-19

Dampak Ekonomi Akibat Covid-19

Jenis Kegiatan yang Dibatasi PSBB

PSBB Di Tengah Covid-19 4

Berikut ini adalah semua kegiatan yang dibatasi atau dilarang selama pelaksanaan PSBB yaitu:

  1. Kegiatan Belajar Mengajar

Dilarang melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Ganti dengan dirumah dengan menggunakan media yang paling efektif seperti media internet. Pengecualian berlaku untuk proses belajar mengajar yang berhubungan dengan kesehatan.

  1. Kegiatan Bekerja di Kantor

Perusahaan atau instansi dilarang mempekerjakan karyawannya dengan jumlah yang normal atau jumlah karyawan yang masuk kantor sangat dibatasi. Ganti dengan sistem bekerja dari rumah (work from home). Pengecualian berlaku untuk perusahaan atau instansi tertentu seperti pelayanan publik, perusahaan logistik & transportasi yang berhubungan dengan barang kebutuhan pokok atau barang penting.

  1. Kegiatan Keagamaan

Semua tempat ibadah dilarang dibuka untuk umum. Ganti dengan beribadah dirumah masing-masing

  1. Kegiatan di Tempat Umum

Tempat atau fasilitas umum dilarang dibuka, kecuali tempat-tempat yang telah ditentukan untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti toko sembako atau bahan makanan, toko obat dan alat medis, pom bensin, hotel / tempat penginapan untuk menampung orang yang terdampak corona atau covid-19.

  1. Kegiatan Sosial Budaya

Kegiatan yang dimaksud adalah kegiatan yang melibatkan orang banyak atau kerumunan seperti pertemuan/perkumpulan politik, acara olahraga, hiburan, dll

  1. Kegiatan Transportasi

Moda transportasi umum yang mengangkut penumpang sangat dibatasi, dilarang mengangkut penumpang hingga penuh dan harus berjarak antara penumpang satu dengan yang lain. Untuk modal transportasi barang juga dilarang beroperasi kecuali untuk barang penting yang telah ditentukan.

  1. Kegiatan Lainnya

Kegiatan lain yang dimaksud adalah kegiatan masyarakat terkait aspek pertahanan dan keamanan. Pengecualian berlaku untuk kegiatan operasi militer dan operasi kepolisian.

Baca Juga:

Kegiatan Menarik di Tengah Covid-19

Mengenal Istilah Seputar Covid-19

Pentingnya Cuci Tangan

Masa Berlaku PSBB

PSBB Di Tengah Covid-19 5

Kapan PSBB diberlakukan? Berdasarkan keputusan pemerintah, PSBB diberlakukan mulai tanggal 10 April 2020. PSBB ini berlaku selama masa inkubasi terpanjang dari virus corona covid-19 yaitu selama 14 hari, tetapi bisa saja akan diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran virus.

Sanksi Untuk Pelanggar PSBB

PSBB Di Tengah Covid-19 6

Jika ada warga masyarakat yang melanggar PSBB ini akan dikenakan sanksi hukum, untuk sanksinya seperti apa kami belum mendapatkan informasinya lebih lanjut.

#StaySafe – Tetap Aman ya untuk kita semua dalam menjalankan semua kegiatan sehari-hari. Tetap tinggal dirumah untuk mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Sumber: cashbac.com

Info lebih lanjut niagakita.id/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *