WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

6 Negara yang Telah Menggunakan Jaringan 5G

6 Negara Pengguna Jaringan 5G

Hai, Sahabat Niagakita!

Kali ini, Niagakita akan membagikan informasi tentang negara-negara yang telah menggunakan jaringan 5G dalam teknologi komunikasi mereka.Tapi, sebelum kita mengetahui negara mana saja yang telah menggunakan teknologi 5G, ada baiknya kita memahami dahulu apa itu 5G.

5G (Generasi Kelima) adalah sambungan internet seluler generasi ke-lima yang menjanjikan kecepatan dalam download dan upload data dengan jangkauan yang luas dan koneksi yang stabil. 5G menggunakan spektrum radio yang lebih baik dan dapat lebih banyak perangkat yang dapat mengakses internet seluler di waktu yang bersamaan.
Menurut Ian Fogg, VP analis dari perusahaan analisis data seluler OpenSignal, menjelaskan bahwa dengan adanya 5G kita dapat menggunakan smartphone lebih cepat dan baik.

“Apa pun yang kita lakukan sekarang dengan smartphone kita, kita akan dapat melakukannya dengan lebih cepat dan lebih baik,” Ungakp Ian Fogg.
“Pikirkan kacamata pintar yang menampilkan augmented reality (AR), mobile virtual reality, video berkualitas lebih tinggi, dan internet yang menjadikan kota lebih pintar. Tapi, yang benar-benar menarik adalah semua layanan baru yang akan dibangun yang tidak dapat kita ramalkan sebelumnya.” tutupnya.

Pada tahun 2019 jaringan 5G telah resmi diluncurkan diberbagai negara. Meskipun teknologi 5G ini masih dalam tahap awal dan masih memerlukan berbagai macam perbaikan, namun telah ada beberapa negara yang menggunakan teknologi terbarukan dalam bidang telekomunikasi ini.

Berikut 5 daftar negara yang telah menggunakan jaringan 5G :

1. Amerika Serikat

Patung Liberty di Amerika Serikat
Patung Liberty di Amerika Serikat (sumber : shutterstock)

Tentu bukan hal yang mengejutkan jika Amerika Serikat masuk dalam daftar ini. Meskipun kecepatan maupun jangkauannya masih terbatas di kota besar di Amerika Serikat, tapi telah ada setidaknya tiga perusahaan operator yang menyediakan teknologi 5G, mereka adalah Verizon, T-mobile dan AT&T.

2. Kanada

Negara paling utara di kawasan Amerika Utara ini juga telah menggunakan teknologi jaringan 5G, meskipun masih terbatas di 2 kota besar mereka yaitu di kota Calgary dan Endmonton. Perusahaan telekomunikasi yang telah menyediakan jaringan ini di Kanada adalah Bell dan Telus.

3. Australia

Gedung Opera Sydney
Gedung Opera Sydney (sumber : freepik)

Negara di selatan Republik Indonesia ini telah menyediakan jaringan 5G bagi warganya. Adalah Vudafone Australia yang bekerjasama dengan Hutchison Telecommunications (perusahaan telekomunikasi asal Hongkong) yang telah memilih Nokia sebagai mitra dalam peluncuran jaringan 5G di Australia ini. Peluncuran ini dilakukan pada paruh pertama tahun 2020 dengan diawasi ketat dengan aturan yang telah diterapkan oleh pemerintah Australia pada tahun 2018 lalu.

4. Inggris

Jaringan 5G setidaknya telah dapat dinikmati di semua kota besar di Inggris. Pada awal tahun 2020, Three selaku perusahaan telekomunikasi setempat telah meluncurkan 5G yang sebelumnya mengalami penundaan dari pertengahan 2019. Selain itu, operator lainnya seperti Vodafone, O2 dan EE juga ikut serta dalam peluncuran 5G guna mempercepat kualitas jaringan internet di negeri yang dijuluki The Three Lion ini.

5. Korea Selatan

Kota Seoul
Pemandangan Indah Kota Seoul (sumber : freepik)

Warga Korea Selatan patut bangga, karena negara mereka adalah salah satu negara pertama yang menggunakan jaringan 5G. Ada tiga operator seluler yang telah meluncurkan jaringan 5G secara komersial, yaitu SK Telecom, KT dan LG Plus. Bahkan menurut pemberitaan terbaru dari akurat.co, pengguna jaringan 5G di Korea Selatan telah menembus 7 juta pengguna.

6. Selandia Baru

Sejak tahun 2019, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Selandia Baru, Spark telah melakukan kerjasama dengan Samsung Electronics dalam hal mengembangkan inovasi jaringan, salah satunya penggunaan 5G. Spark Lab melakukan uji coba dengan fitur end-to-end 5G Samsung.
Dalam hasil kerjasama tersebut, Samsung selaku raksasa perusahaan teknologi Korea Selatan juga akan memasuk Spark dengan solusi 5G New Radio (NR) terbaru serta Massive Multiple Input Multiple Output (MINO) yang diyakini dapat mengurangi biaya penggunaan dan lebih mudah digunakan.

Demikian 5 negara yang telah menggunakan jaringan 5G. Sebenarnya masih banyak negara lainnya yang juga menggunakan jaringan 5G ini. Namun mayoritas negara itu berapa di Benua Eropa, lalu ada Jepang, China, Thailand, Filipina  di Asia serta Afrika Selatan yang mewakili Benua Afrika.

Disunting dari :
teknologi.bisnis.com
akurat.co
teknologi.tempo.co
cyberthreat.id
google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *