WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Sistem Injeksi pada Mesin Diesel

Injeksi Diesel

Hi, Sahabat Niagakita!

Sistem injeksi pada mesin diesel merupakah salah satu sistem paling penting dibandingkan sistem lainnya. Karena mesin diesel yang sistem injeksinya baik, maka tenaga yang dihasilkan akan optimal. Sistem injeksi pada mesin diesel mencakup komponen-komponen yang berhubungan langsung dengan bahan bakar mesin. Tugasnya adalah mengambil bahan bakar dari tangki dan memompa serta menyalurkannya ke ruang bakar silinder mesin untuk memperoleh tenaga.

Dari penjelasan diatas, bisa kita ketahui bahwa sistem injeksi pada mesin diesel berfungsi sebagai penyimpan bahan bakar, penyari dan penyalur bahan bakar ke ruang bakar silinder mesin. Selain itu, sistem injeksi pada mesin diesel juga dapat mengatur kecepatan mesin sesuai beban yang diatur dalam penyaluran bahan bakar. Dan jika bahan bakar yang digunakan ternyata berlebihan, makan sistem ini dapat mengembalikan sisa bahan bakar ke dalam tangki bahan bakar.

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari sistem injeksi pada mesin diesel, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja komponen yang terdapat pada sistem injeksi tersebut. Beberapa komponen yang terdapat pada sistem injeksi diesel adalah :

1. Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)

Tangki bahan bakar adalah tempat untuk menampung bahan bakar sementara. Pada mesin diesel, tangki bahan bakar berfungsi untuk menyimpan bahan bakar yang akan diubah menjadi sumber panas sebagai sumber tenaga diesel.

2. Pompa Bahan Bakar

Pompa bahan bakar adalah komponen yang berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar menuju pompa injeksi. Lokasi komponen ini berada di area pompa injeksi. Pompa bahan bakar ini berjalan dengan sistem membran yang menggunakan tenaga nok untuk membuat gerakan maju dan mundur pada membran.

3. Pompa Priming

Pompa priming atau penjemput berfungsi untuk menjemput bahan bakar dari tangki bahan bakar secara manual. Jadi, pompa ini dapat mengalirkan bahan bakar dari tangki dengan input manual operator atau mekanik ketika mesin diesel dalam keadaan mati. Pompa priming ini digunakan untuk mengatasi masalah masuk angin dalam diesel. Masuk angin itu apa? Masuk angin dalam adalah istilah ketika ada udara yang masuk kedalam sistem injeksi yang kemudian dapat menimbuklan masalah dalam pengapian diesel. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan proses bleeding melalui pompa priming ini.

4. Penyaring Bahan Bakar (Filter)

Sesuai namanya, komponen ini berfungsi untuk membersihkan bahan bakar dari kotoran. Pada mesin diesel, terdapat dua penyaring bahan bakar yaitu saringan kasar yang berfungsi untuk mencegah kotoran dengan diameter yang besar masuk kedalam line injeksi. Yang kedua adalah saringan halus yang mencegah kotoran dengan diameter kecil dan air dari bahan bakar. Saringan kasar terleak di saluran input pompa sedangkan saluran kecil terletak di area sebelum pompa injeksi.

5. Pompa Injeksi

Terdapat dua jenis pompa injeksi yang dapat kita gunakan, yaitu pompa injeksi tipe inline dan tipe distributor. Kedua jenis pompa ini sama-sama dapat digunakan untuk menaikan tekanan bahyan bakar sesuai waktu pengapian, yang membedakannya hanyalah mekanisme prosesnya. Pompa tipe inline mempunyai elemen pompa sama banyaknya dengan jumlah injector, sedangkan tipe distributor hanya terdapat satu elemen yang dapat melayani semua injector.

6. Injektor

Injektor berfungsi untuk mengeluarkan bahan bakar yeng memiliki tekanan tinggi ke dalam bentuk kabutan. Cara kerja injektor adalah dengan meletakan nipple jet (jarum) ke dalam nozzle. Nipple jet ini akan menutup lubang nozzle. Saat pompa injeksi mengantarkan bahan bakar makan secara otomatis nipple jet akan membuka lubang noozle untuk mengeluarkan bahan bakar.

7. Selang Bahan Bakar

Terdapat dua jenis selang dalam mesin diesel, yaitu selang karet yang elastis dan selang besi yang ebrsifat permanen. Selang elastis berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke pompa injeksi. Sedangkan selang besi bekerja untuk menyalurkan bahan bakar yang memiliki tekanan tinggi dari pompa injeksi ke injektor.

8. Return Feed

Komponen ini berfungsi untuk mengembalikan bahan bakar yang tersisa. Bahan bakar dapat tersisa ketika bahan bakar tidak seluruhnya keluar dai injektor. Jadi, sisa-sisa bahan bakar tersebut akan dikembalikan ke dalam tangki bahan bakar.

Nah Sahabat Niagakita, itu adalah penjelasan singkat mengenai sistem injeksi pada mesin diesel. Bagi sahabat yang sedang mencari sparepart maupun mesin diesel, Niagakita menyediakan dengan berbagai macam pilihan lho. Jangan ragu untuk melihat dan membeli produk kami ya, dengan menekan link ini.

Kami juga tersedia di beberapa marketplace :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *