WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Cara Penyebaran Covid-19 Menurut WHO, Melalui Udara Juga?

Penyebaran Covid-19

Hai, Sahabat Niagakita!

Pandemi Covid-19 di Indonesia masih berlanjut, jumlah pasien yang terkonfirmasi virus yang berasal dari kota Wuhan, China ini masih terus bertambah dan secara grafik belum melandai. Terhitung per tanggal 7 September 2020, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 adalah 196.989 dengan penambahan sebanyak 2.880 kasus di hari yang sama. Dari jumlah tersebut, kasus yang masih aktif adalah 48.207 kasus.

Penyebaran covid-19 di Indonesia sendiri merata di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dengan 3 provinsi terbanyak yang memiliki kasus covid-19 adalah DKI. Jakarta sebanyak 47.379 kasus, Jawa Timur 35.941 kasus dan Jawa Tengah sebanyak 15.615 kasus. Sedangkan provinsi yang menyumbang kasus covid-19 paling sedikit adalah provinsi Nusa Tenggara Timur dengan 206 kasus terkonfirmasi.

Meningkatnya kasus covid-19 di Indonesia bahkan dunia, salah satunya merupakan akibat perilaku masyarakat yang masih enggan menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Seperti yang kita lihat di lingkungan sekitar kita, alih-alih mencuci tangan setelah maupun sebelum melakukan akltivitas, untuk sekedar memakai masker saja, kebanyakan masyarakat sudah tidak melakukannya. Tapi selain itu, tidak dipungkiri juga bahwa cara penyebaran virus covid-19 ini juga memiliki berbagai cara, seperti yang diterangkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) beberapa waktu lalu.

Berikut adalah beberapa cara penyebaran covid-19 menurut pedoman terbaru WHO, seperti yang dilansir oleh detik.com :

1. Penyebaran melalui Droplet

Cara paling utama virus covid-19 menyebar adalah melalui droplet (tetesan kecil) saat seeorang yang terkonfirmasi covid-19 maupun orang yang membawa virus. Penyebaran droplet ini terjadi saat batuk, bersin, berbicara bahkan bernafas. Droplet keluar saat aktivitas tersebut melalui hidung dan mulut. Droplet dapat menyebar dalam jarak dekat. Oleh karena itu, WHO dan pemerintah selalu mengingatkan agar semua masyarakat menggunakan masker ketika aktivitas di luar rumah dan juga menjaga jarak dengan orang lain.

Baca juga :

2. Penyebaran melalui Benda yang Terkontaminasi

Penyebaran dengan cara ini biasanya terjadi ketika seseorang menyentuh permukaan barang maupun benda seperti tombol lift, meja, tangga, pintu dan lainnya yang sebelumnya telah terkontaminasi secara langsung dari droplet orang batuk maupun bersin. Virus yang tadi tersentuh dapat berpindah ke organ tubuh ketika tangan melakukan kontak dengan mulut, hidung maupun mata. Oleh sebab itu, pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir adalah untuk menghilangkan virus yang mungkin saja tidak sengaja kita sentuh pada barang maupun benda.

Menurut situs kementerian kesehatan, virus covid-19 dapat bertahan beberapa jam di permukaan benda, namun tergantung dengan jenis permukaan benda atau barang, tingkat kelembapan dan juga suhu.

Cuci Tangan
Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan, minum dan juga menyentuh wajah. (sumber : terlampir)

3. Penyebaran melalui udara

Menanggapi laporan dari para peneliti dan ilmuwan, WHO pada bulan Juli lalu mengeluarkan pedoman baru yang menyatakan bahwa ada kemungkinan virus covid-19 menyebar melalui udara. Virus covid-19 yang menyebar melalui udara ini berbentuk partikel kecil yang lebih kecil dari droplet. Menurut pedoman tersebut, tempat yang rawan dalam penyebaran virus covid-19 melalui udara adalah tempat paduan suara, pusat kebugaran dan restoran.

Jenderal WHO
Tedros Adhanom, Direktur Jenderal WHO. (sumber : terlampir)

“Latihan paduan suara, di restoran atau di kelas kebugaran, area yang memungkinkan transmisi udara,” seperti yang dikutip CNBC dari pedoman WHO.

Namun WHO juga mengatakan bahwa, penelitian lebih lanjut sangat dibutuhkan untuk menyelidiki masalah tersebut (penyebaran covid-19 melalui udara). Sebelumnya, WHO mengakui bahwa virus covid-19 dapat menyebar di udara di tempat-tempat medis, ketika terjadi prosedur meidis yang dapat menghasilkan aerosol.

Demikian artikel tentang Cara Penyebaran Covid-19 Menurut WHO, Melalui Udara Juga?. Bagi Sahabat Niagakita, kami ingatkan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain ketika diluar rumah. Serta sering membersihkan tangan dengan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum makan, minum maupun hendak menyentuh area wajah. Mari bersama-sama kita bantu pemerintah dan tenaga medis dalam memutus rantai penyebaran virus covid-19.

Salam, Niagakita!

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *