WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

6 Tips Berbelanja di Era New Normal

Era New Normal

Hai, Sahabat Niagakita!

Pandemi Covid-19 masih melanda di belahan dunia, begitupun di Indonesia. Tercatat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia per 14 September 2020 adalah sebanyak 221.523 kasus, dengan penambahan kasus sebanyak 3.141 kasus dihari yang sama. Akibat kian menambahnya kasus positif di Indonesia, khususnya di DKI. Jakarta, membuat pemerintah mengatur PSBB kembali di DKI. Jakarta yang juga akan diikuti oleh daerah sekitar, Bodetabek.

Meskipun diadakan PSBB, namun mall dan pasar tradisional masih bisa dikunjungi dengan syarat pengunjung tidak melebihi 50% dari kapasitas pusat perbelanjaan tersebut. Tidak hanya di Jabodetabek, namun di daerah lainnya yang kini menjalankan Era New Normal  pun juga sama, masyarakat dapat mengunjungi pasar asal tidak melebihi 50% dari kapasitas pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya.

Selain itu, bagi para pengunjung yang hendak ke pasar maupun ke mall juga diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan sepeti memakai masker dan jaga jarak, agar tidak terjadi penularan kasus Covid-19 di pusat perbelanjaan. Bagi kalian yang “suka” pergi ke pusat perbelanjaan baik mall maupun pasar tradisional, Niagakita memiliki tips yang mungkin bermanfaat bagi kalian.

Tips Berbelanja di Era New Normal :

1. Gunakan Masker dan Jaga Jarak

Era New Normal
Salah satu pasar tradisional di Sleman, Yogyakarta melakukan pembatasan jarak setiap pedagang. (sumber : terlampir)

Sudah tentu ini adalah hal terpenting dan wajib, jika Anda ke pusat perbelanjaan dan tidak menggunakan masker, jangan harap deh bisa masuk, yang ada malahan diusir sama security. Selain itu, jaga jarak juga penting, selain melindungi diri Anda agar tidak tertular Covid-19, Anda juga melindungi orang lain dan juga keluarga di rumah dari penyebaran virus yang berasal dari kota Wuhan ini.

2. Bawa Hand Sanitizer

Kita memang sudah memasuki era New Normal, tapi bukan berarti Covid-19 sudah hilang. Karena penyebaran kasusnya pun tiap hari selalu bertambah, sehingga kita tetap dianjurkan untuk rajin membersihkan tangan dengan cuci tangan maupun menggunakan hand sanitizer. Tapi, susah nggak sih kalau di mall atau pasar gitu harus bolak balik cuci tangan? Bagi orang lain malahan bisa dibilang kita terlalu parno kan?

Oleh sebab itu, bawalah hand sanitizer, yang mudah dan praktis. Jika Anda habis kontak dengan orang lain, segeralah menggunakan hand sanitizer, bisa juga Anda menggunakan tisu basah terlebih dahulu setelah itu baru mengambil hand sanitizer dari kantong atau tas Anda. Selain itu, biasakan diri Anda langsung mandi jika sampai di rumah, setelah berpergian baik dari pusat perbelanjaan maupun tempat lainnya yang banyak dikunjungi oleh orang-orang.

3. Bawa Tas Sendiri

Tas
Membawa tas sendiri dari rumah memiliki manfaat ganda. (sumber : terlampir)

Membawa tas sendiri itu double manfaatnya! Yang pertama, kebersihan tas jauh lebih bersih karena Anda membawanya dari rumah. Anda bisa langsung memasukan setiap belanjaan ke dalam tas, tanpa harus dipegang oleh pedagang. Yang kedua, Anda turut berpartisipasi dalam meminimalisir penggunakan kantong plastik dengan menerapkan konsep go green.

4. Datanglah Pagi Hari

Jika Anda datang di pagi hari, pasar maupun mall baru buka, maka kemungkinan besar suasana masih sepi, sehingga Anda bisa berbelanja dengan leluasa, minim kontak dengan pengunjung lain serta barang-barang yang Anda beli masih fresh.

5. Lakukan Pembayaran Non Tunai

Menurut WHO, kita harus mengurangi kontak dengan barang yang sering dipegang oleh orang lain, salah satunya ya uang kertas. Di zaman sekarang pembayaran non tunai sudah mudah kok, nggak harus pakai kartu debit, contohnya kita bisa menggunakan dompet online seperti dana, ovo, gopay dan sebagainya. Namun, jika di daerah mungkin masih terbatas, tidak semua pedagang maupun toko menggunakan alat pembayaran digital seperti itu, tidak seumum di Jabodetabek.

6. Belanja Online Saja!

Sekarang belanja tidak harus datang ke mall atau pasar kok, kita bisa belanja via online dari smartphone kita dirumah. Banyak situs-situs yang menawarkan pembelian via online, contohnya Niagakita.id yang menjual berbagai macam sparepart sepeda motor dan alat-alat pertanian.

Nah itu dia adalah tips berbelanja di Era New Normal dari Niagakita. Bagi Sahabat Niagakita, sebagai tips tambahan, Anda juga bisa dengan meminimalisir jumlah orang yang berbelanja. Cukup 1 orang saja, jangan bawa anak-anak, agar apa? ya itu tadi, untuk meminimalisir kontak dengan orang asing di luar rumah.

Demikian artikel tentang 6 Tips Berbelanja di Era New Normal. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya.

Salam, Niagakita!

 

Referensi :

Woman Talk

Liputan6

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *