WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Ini Dia, 5 Makanan Khas Sumatera

Makanan

Halo, Sahabat Niagakita!

Sumatera, adalah salah satu provinsi terbesar di Indonesia, terletak di ujung barat Republik Indonesia dengan berisi 10 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. Dari 10 provinsi tersebut tentu masih terbagi lagi menjadi ratusan daerah, tak ayal Sumatera menjadi salah satu pulau yang memiliki beragam suku, adat dan budaya. Dan hal itu tentunya membuat Sumatera memiliki berbagai macam makanan khas.

Berikut adalah 5 makanan khas dari Sumatera, yang Sahabat Niagakita perlu tahu :

1. Rendang

Makanan
Rendang merupakan salah satu makanan terlezat di dunia. (sumber : terlampir)

Siapa sih yang tidak kenal Rendang, jangankan masyarakat Indonesia, masyarakat dunia pun sebagian pasti pernah mendengar namanya. Kenapa? Karena pada tahun 2011, Rendang sempat bertengger di posisi teratas dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International. Dan pada tahun 2018, Rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari 5 Hidangan Nasional Indonesia.

Dalam pembuatannya, Rendang biasanya membutuhkan waktu berjam-jam (bisa sampai 4 jam), proses pengolahannya dengan mencampurkan daging sapi dengan berbagai macam rempah dan santan, setelah dimasak berjam-jam, santan dan bumbu meresap ke daging sapi sehingga rasanya pun nendang. Selain daging, Rendang juga bisa dimasak dengan bahan utama paru sapi, maupun daging kerbau.

2. Sate Padang

Makanan
Sate Padang terbagi menjadi 3 jenis. (sumber : terlampir)

Menurut Wikipedia, Sate Padang terdiri dari 3 macam, yaitu Sate Padang, Sate Padang Pariaman dan Sate Padang Panjang. Perbedaan dari ketiganya ada di rasa dan kuahnya, untuk Sate Padang Pariaman, kuahnya biasanya berwarna merah, sedangkan Sate Padang Panjang menggunakan kuah yang berwarna kekuningan, untuk Sate Padang sendiri memiliki macam rasa, yang merupakan perpaduan dari kedua sate tersebut.

Umumnya, Sate Padang dibuat dari daging dan lidah sapi, bumbunya menggunakan berbagai macam rempah dengan komposisi cabai yang dominan, sehingga menghasilkan rasa yang pedas. Penyajian Sate Padang biasanya menggunakan ketupat dan juga disiram kuah sate.

3. Lakso

Makanan
Ingat ya, Lakso berbeda dengan Laksa. (sumber : terlampir)

Makanan khas berikutnya berasal dari Kota Palembang. Lakso, merupakan makanan yang berisi mie yang terbuat dari tepung sagu dan tepung beras. Lakso biasanya dimasak dengan dicampur ikan dan ditaburi bawang goreng. Warna lakso sendiri sedikit kekuning-kuningan karena terdapat kunyit. Lakso sendiri berbeda dengan Laksa, makanan yang umum di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, meskipun memiliki nama yang mirip.

Dalam penyajiannya, Anda dapat menyiramkan kuah kental yang berisi potongan daging ikan yang kecil ke atas mie. Jika dimakan selagi hangat, rasanya akan terasa gurih dengan aroma ikan yang berpadu dengan bumbu pekat dari beraneka macam rempah-rempah.

4. Arsik

Makanan
Arsik juga dikenal dengan nama ikan mas bumbu kuning. (sumber : terlampir)

Makanan ini mudah dijumpai di daerah Tapanuli, Arsik merupakan makanan yang menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya, kemudian dilumuri bumbu kuning dari rempah-rempah seperti andaliman, asam cikala, lengkuas dan serai. Ikan yang sudah dilumuri bumbu kuning tersebut digoreng dengan api kecil hingga matang dan kering.

Arsik dikenal juga dengan nama ikan mas bumbu kuning. Yang membuat Arsik unik adalah sisik pada ikan tidak perlu dibuang. Arsik sendiri cocok untuk disantap sebagai menu utama.

5. Mie Celor

Makanan
Mie Celor Palembang yang menggugah rasa. (sumber : terlampir)

Sudah pernah dengar nama Mie Celor? Mie Celor bisa dibilang masih saudaraan dengan Mie Aceh. Hidangannya disajikan dengan campuran kuah santan, kaldu ebi (udang kering), tauge, irisan telur rebus, irisan daun seledri, daun bawang dan bawang goreng. Mie Celor sendiri mudah didapatkan di berbagai sudut di Kota Jambi.

Mie Celor, selain membuat perut kenyang juga dapat meningkatkan semangat, karena kuahnya yang segar. Kuah Mie Celor sendiri diracik dengan berbagai rempah sehingga menghasilkan aroma yang menyeruak nan menyegarkan.

Demikian artikel tentang Ini Dia, 5 Makanan Khas Sumatera. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *