WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Macam-Macam Van-Belt, yang Mungkin Perlu Anda Ketahui

Macam

Hai, Sahabat Niagakita!

Van-belt merupakan media transmisi daya pada suatu mesin yang berbentuk lingkaran seperti sabuk dan terbuat dari karet. Van-belt berfungsi sebagai media transmisi daya dari suatu poros ke poros lainnya melalui pulley yang diputar oleh sumber daya mesin.

Van-belt terdiri dari 3 komponen, yaitu : badan sabuk (belt body) yang terbuat dari karet khusus, tensile member berupa kawat yang kuat, dan sampul atau tutup sabuk yang terbuat dari material berupa serat tenunan yang berguna untuk melindungi bagian yang direnggangkan.

Macam-Macam Van-Belt

1. Raw Edge Van-Belt

Adalah van-belt yang digunakan untuk mobil, truk, bus, peralatan konstruksi dan aplikasi penggerak lainnya. Raw edge van-belt memiliki kelebihan yaitu tahan panas, abrasi serta deformasi yang baik, karena digunakan untuk beban dan suhu yang tinggi di dalam ruang mesin.

Raw edge van-belt juga memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah raw edge plain van-belt, raw edge wide-angle van-belt, raw edge multiply van-belt dan raw edge cogged van-belt yang tentunya memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

2. Variable Speed Belt

Merupakan van-belt yang memiliki tepi mentah cogged van-belt yang digunakan untuk aplikasi seperti skuter dan mobil salju. Variable speed belt memiliki 2 jenis, yaitu RCVS yang tingkat kelenturannya sangat baik dan digunakan untuk beban yang ringan serta DCVS yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap deformasi, cocok untuk beban yang berat.

3. Timing Belt

Timing belt merupakan sabuk transmisi yang disikronisasikan untuk mentransmisikan daya saat sabuk dan katrol membentuk meshing gigi.

4. V-Ribbed Belt

V-ribbed belt menggabungkan karakteristik transmisi tinggi dari van-belt, fleksibilitas falt belt dan compact system. Transmisi van-belt berkontribusi terhadap efisiensi transmisi yang baik dengan tata letak sumbu multi dan diameter pulley yang lebih kecil.

Demikian artikel tentang Macam-Macam Van-Belt, yang Mungkin Perlu Anda Ketahui. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

 

Sumber : Etsworlds.id

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *