WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Tips Merawat Mesin Diesel Kubota

Mesin Diesel

Hai, Sahabat Niagakita!

Mesin diesel Kubota adalah mesin diesel yang sangat populer, mesin buatan Jepang ini banyak digunakan di berbagai jenis pekerjaan baik bidang pertanian, industri, perkapalan maupun bidang usaha lainnya. Dengan penggunaan setiap harinya, tentu mesin diesel memerlukan perawatan secara berkala, agar tidak menimbulkan permasalahan dalam mesin ketika digunakan dalam kegiatannya.

Sebenarnya cara perawatan mesin diesel Kubota sama dengan diesel merk lainnya, jadi bagi Anda yang memiliki mesin diesel dengan merk selain Kubota, tetap dapat membaca tips berikut ini.

Tips Perawatan Mesin Diesel Kubota :

– Periksalah dahulu bahan bakar yang ada di tangki bahan bakar, kemudian cek aliran bahan bakar ke bospom dan nozzle, sebagai pemompa bahan bakar ke ruang bakar mesin. Apabila dalam suplai bahan bakar ini ada kendala, maka akan mengakibatkan mesin susah untuk dinyalakan.

– Periksalah kondisi bospom dan nozzle, lakukan tes untuk mengetahui apakah komponen tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

– Periksa sistem kompresi pada mesin diesel, caranya dengan memutar poros engkol secara perlahan, lalu lepaskan handle choke mesin dengan bersamaan melepaskan poros engkol. Kemudian, lihatlah tekanan yang terjadi pada mesin diesel, apabila ketika handle choke dilepas terdapat tekanan pada putaran mesin, berarti mesin diesel Anda masih bagus.

– Periksa kondisi oli dan sistem pelumasan pada mesin diesel, bersihkan filter oli dari kotoran dan gantilah oli dengan yang baru apabila oli mesin dirasa sudah tidak layak untuk digunakan atau sudah lama tidak diganti.

Tips Merawat Mesin Diesel Kubota 1
Salah satu produk oli Kubota yang kami jual. Klik pada gambar untuk melihat produk kami lainnya.

– Air radiator juga jangan sampai dilewatkan, periksalah air radiator, jangan sampai kurang atau habis karena dapat membuat mesin diesel menjadi cepat panas dan mesin macet.

– Periksa filter udara dan knalpot mesin, apabila filter udara dan knalpot tersumbat oleh debu maupun kotoran, dapat menyebabkan mesin diesel susah dinyalakan dan performa mesin akan menurun.

– Lepaskan silinder head pada mesin diesel, bersihkan kerak yang terdapat pada permukaan silinder head dan piston akibat proses pembakaran pada mesin.

– Periksa kondisi klep atau valve mesin diesel, lakukan penyekiran mesin dengan alat agar pengaturan klep kembali rapat. Jika klep rapat makan akan meningkatkan performa mesin diesel Anda.

– Cek kondisi ring piston serta piston pada mesin. Ceklah apakah kedua komponen tersebut sudah bagus atau sudah mulai aus.

– Periksa pen piston dan stang piston, apabila kondisinya rusak, maka segeralah melakukan penggantian sparepart dengan yang baru. Anda bisa mendapatkan sparepart mesin diesel Kubota dan lainnya di toko online kami, di Niagakita.Id.

Tips Merawat Mesin Diesel Kubota 2
Salah satu sparepart Kubota yang kami jual. Klik pada gambar untuk melihat produk kami lainnya.

Itulah langkah-langkah perawatan mesin diesel Kubota, apabila Anda telah melakukan langkah-langkah diatas, cobalah untuk memanasi mesin diesel Anda terlebih dahulu, agar Anda dapat mengetahui perbedaan performa mesin diesel Anda sebelum dan sesudah Anda lakukan perawatan. Apabila dirasa masih kurang bagus, kemungkinan ada beberapa part yang mungkin Anda lewatkan atau kurang fokus pengerjaannya di beberapa bagian atau part mesin diesel.

Demikian artikel tentang Tips Merawat Mesin Diesel Kubota. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

 

Sumber : Rumah Diesel

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *