WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Manfaat Cultivator dalam Pertanian

Cultivator

Hai, Sahabat Niagakita!

Cultivator menurut Wikipedia adalah alat dan mesin pertanian yang digunakan untuk mengolah tanah sekunder. Cultivator bekerja dengan menggunakan gigi yang menancap ke tanah sambil ditarik oleh sumber tenaga, yaitu traktor. Cultivator biasa digunakan untuk penyiang rumput dan mengemburkan tanah pada lahan yang kering, yang sangat membantu pekerjaan para petani. Cara kerjanya adalah dengan mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah sebelum penanaman maupun setelah benih ditanam.

Cultivator yang bertipe gigi menyerupai bajak namun cara kerjanya berbeda dengan bajak, cultivator hanya bekerja pada permukaan tanah, sedangkan bajak biasanya bekerja ke dalam tanah. Jadi, cultivator membutuhkan tenaga tarik yang lebih kecil dibandingkan dengan alat bajak.

Manfaat Cultivator dalam Pertanian 1
Promo Cultivator Valco VTL 900 dari Niagakita

Cultivator umumnya sudah terpasang mesin untuk menghasilkan tenaga sendiri, namun ada juga cultivator yang masih harus dibantu dengan menggunakan traktor. Namun, ada pula masyarakat yang menggunakan hewan sebagai sumber tenaga tarik dari cultivator, mirip dengan bajak tradisional.

Manfaat Cultivator :

– Mutu pekerjaan pengolahan tanah menjadi lebih baik.

– Waktu pengerjaan lebih cepat dan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit (efisiensi).

– Penggunaannya yang mudah dan ringan dikendalikan.

– Mudah dipindah-pindah sesuai kebutuhan kerja.

Cultivator juga dapat digunakan untuk memberantas tanaman yang mengganggu di lahan pertanian, memperbaiki aerasi tanah, menggemburkan tanah dan sebagainya.

Demikian artikel tentang Manfaat Cultivator dalam Pertanian. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

 

Sumber : Fungsi Alat Blogspot

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *