WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Musim Hujan di Indonesia

Hai, Sahabat Niagakita!

Sebagian wilayah di Indonesia baru-baru ini telah mengalami hujan dengan insentisas sedang sampai tinggi. Terutama di pulau Jawa, dimana sering kali terjadi hujan yang cukup lebat, bahkan sampai mengakibatkan banjir di beberapa tempat. Namun, menurut BMKG, Indonesia belumlah masuk ke musim hujan, tapi sedang mengarah kesana. Artinya Indonesia sedang memasuki fase peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, dimana memang sering terjadi hujan lebat, bahkan bisa sampai terjadi hujan es dan puting beliung.

Berbicara tentang musim hujan, tentunya kita harus mempersiapkan diri untuk menjaga daya tahan tubuh kita, agar tidak menurun. Dikarenakan musim hujan biasanya sangat lekat dengan penyakit flu dan demam berdarah. Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh? Berikut tips-tipsnya, merangkum dari Kompas.com.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

1. Minum Minuman Hangat

Selain menghangatkan tubuh, minuman hangat juga baik bagi kesehatan. Mengonsumsi minuman hangat dapat membuat tubuh tidak mudah mengalami masuk angin karena perubahan suhu yang terjadi di tubuh kita. Cobalah mengonsumsi teh hangat, cokelat panas maupun sup yang hangat untuk menjaga daya tahan tubuh Anda.

2. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C konon dapat mempercepat memulihkan tubuh dari virus flu. Baik vitamin c alami maupun berbentuk suplemen makanan, tentunya vitamin c dapat mencukupi asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Bila Anda ingin mengonsumsi vitamin c secara alami, Anda bisa mengonsumi makanan seperti paprika merah dan paprika hijau, jeruk, papaya, nanas dan buah lainnya.

3. Setelah Kehujanan, Mandi Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat meningkatkan kembali suhu tubuh, selain itu juga dapat melindungi tubuh kita dari kuman yang menempel. Bukan  hanya mandi, Anda juga bisa merendam kaki Anda ke dalam air hangat untuk meningkatkan suhu tubuh Anda.

4. Cukupi asupan cairan

Saat udara dingin, umumnya kita akan lebih sedikit mengonsumsi air karena tidak mudah merasa haus. Padahal, dehidrasi bukan berarti selalu haus saja. Oleh karena itu, minumlah air seperti biasa untuk memenuhi asupan cairan. Karena meminum air putih dapat mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

5. Cukupi Asupan Nutrisi

Perhatikan menu makanan Anda, pastikan makanan yang Anda konsumsi dapat memenuhi asupan nutrisi Anda. Sebaiknya, Anda juga jangan mengonsumsi jajanan atau makanan yang dijajakan di pinggir jalan, karena rentan tercampur dengan debu jalanan yang tentunya tidak higienis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi mengonsumsi jajanan pinggir jalan terlebih dahulu. Karena di musim hujan, kita perlu menjaga daya tahan tubuh kita.

6. Pastikan Kebersihan dan Kerapihan Rumah

Di musim hujan, terkadang kita menjadi lebih jarang merapihkan dan membersihkan rumah. Padahal, kebersihan dan kerapihan rumah kita juga sangat penting, agar tidak ada nyamuk yang bersarang. Hindari menumpuk atau menggantung pakaian di tempat yang lembab, dan jangan biarkan ada air yang menggenang di sekitar rumah kita, karena air yang menggenang biasanya dapat menjadi sarang nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit malaria maupun demam berdarah.

Demikian artikel tentang Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *