WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Penting! Tips Berkendara di Musim Hujan

Penting! Tips Berkendara di Musim Hujan

Hai, Sahabat Niagakita!

Indonesia kini tengah memasuki fase peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Hal ini bisa dilihat dengan seringnya hujan yang datang dengan intensitas tinggi, yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa hari ke depan juga BMKG mengatakan kemungkinan hujan lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia, terutama di Sumatera dan Jawa, bahkan tidak menutup kemungkinan terjadi puting beliung maupun hujan es.

Penjelasan di atas tentunya perlu diketahui oleh para pengendara, terutama pengendara sepeda motor. Agar dapat memperhatikan beberapa hal ketika hujan datang. Supaya, nyaman dan terasa aman dalam berkendara. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam berkendara di saat musim hujan? Baca selengkapnya di bawah ini.

Tips Berkendara di Musim Hujan :

1. Siapkan Jas Hujan

Sediakanlah jas hujan di dalam bagasi motor Anda, agar ketika hujan turun Anda bisa langsung menggunakannya. Kebanyakan pengendara motor di Indonesia merasa bahwa jas hujan tidak terlalu penting, yang akhirnya ketika hujan turun, maka akan kebingungan mencari penjual jas hujan atau malah meneduh di bawah pohon. Padalah meneduh di bawah pohon juga berbahaya, apalagi jika sedang terjadi hujan lebat dengan disertai angin kencang. Selain itu, juga dapat mengganggu pengendara lain karena memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan.

2. Cek Kondisi Ban

Sebenarnya bukan hanya kondisi ban, namun juga tekanan angin pada ban pun harus Anda perhatikan. Karena jika tekanan angin pada ban kurang, maka tarikan pada motor akan terasa berat dan dapat merusak velg dan shockbreaker. Sedangkan bila kondisi ban sudah mulai aus atau gundul, maka grip atau daya cengkram pada aspal jalan yang basah akan berkurang, oleh karena itu, jangan memacu kendaraan dengan cepat di musim hujan.

3. Nyalakan Lampu

Sederhana namun sangat berguna. Ketika Anda menyalakan lampu, berarti Anda memberikan sinyal kepada pengendara lain dari lawan arah, sehingga mereka tahu bahwa di depannya ada pengendara lain. Umumnya sepeda motor keluaran sekarang sudah memiliki fitur lampu depan menyala secara permanen. Untuk tambahan, pastikan lampu rem belakang juga menyala dengan normal, agar pengedara yang berada di belakang Anda tetap bisa mengetahui posisi Anda, bila jarak pandangnya berkurang.

4. Hindari Busi dari Genangan Air

Tips lainnya adalah sepeda motor matic dan bebek biasanya posisi businya berada di bagian bawah, sehingga terletak dekat dengan aspal. Oleh karena itu, jangan sampai posisi busi pada sepeda motor terkena genagan air. Karena dapat mengganggu kinerja busi, bahkan bisa membuat busi ngadat.

5. Kurangi Kecepatan Berkendara

Perhatikan kecepatan Anda dalam berkendara di musim hujan, karena tidak semua ban memiliki daya cengkram yang bagus di kondisi jalanan yang basah. Selain itu, jarak pandang saat hujan turun juga akan berkurang, terlebih bila hujan turun dengan deras. Dan yang tidak kalah penting adalah untuk demi kebaikan bersama, buat Anda dan pengendara lain. Pernah kecipratan air? Ya! Begitulah rasanya kalau Anda bertemu dengan pengendara yang ugal-ugalan di musim hujan.

Demikaian artikel tentang Penting! Tips Berkendara di Musim Hujan. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *