WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Sepeda Motor Matic vs Manual, Lebih Baik yang Mana?

Sepeda Motor Matic dan Manual

Hai, Sahabat Niagakita!

Sepeda motor, merupakan alat transportasi yang cukup penting, karena sebagian besar masyarakat Indonesia tentunya telah menggunakannya dengan bermacam-macam keperluan. Di Indonesia, sepeda motor yang umum digunakan adalah sepeda motor manual dan matic, meskipun pengguna sepeda motor sport juga tidak sedikit.

Namun, pasar dan jumlah pengguna sepeda motor matic dan manual merupakan yang paling besar di Indonesia. Lalu, apa sih perbedaan dari kedua motor tersebut? Mungkin ada Sahabat Niagakita yang bingung, mau memilih sepeda motor yang mana untuk mengisi garasi rumah Anda.

Perbedaan Sepeda Motor Matic dan Manual

1. Transmisi

Perbedaan pertama dan yang paling kentara adalah dari sisi transmisi. Sepeda motor manual harus mengoper gigi gear secara manual, sedangkan motor matic tinggal memutar gas saja, yang tentunya lebih praktis. Dari segi transmisi inilah yang membuat sepeda motor matic lebih menarik bagi sebagian konsumen, karena tidak sedikit konsumen yang menginginkan berkendara dengan cara yang mudah dan tidak ribet, terutama kaum hawa. Selain itu, mengendarai sepeda motor matic juga lebih nyaman dan tidak capek, karena tidak perlu berkonsentrasi untuk mengganti gear di setiap kondisi jalan yang berbeda-beda.

2. Sistem Pengereman

Hal kedua adalah sistem pengereman, hampir sama dengan segi transmisi, pada sepeda motor matic dalam sistem pengereman hanya perlu menarik tuas yang ada pada kedua sisi stang. Sedangkan untuk sepeda motor manual, pengendara harus menginjak tuas rem yang ada di sisi kanan bawah untuk rem belakang, dan menarik tuas rem pada stang sisi kanan untuk mengerem ban depan.

3. Penggunaan BBM

Pada bagian ini, mungkin banyak orang yang tidak menyadarinya. Penggunaan BBM pada sepeda motor matic biasanya lebih boros dibandingkan dengan sepeda motor manual, khususnya bebek. Kenapa? Karena pada sepeda motor matic, putaran RPM cenderung tidak stabil, sehingga membuat BBM yang tersedot lebih banyak. Hal ini tentu berbeda dengan sepeda motor manual, dimana proses perpindahan gigi menggunakan gear lebih stabil dalam perputaran RPM, sehingga pemakaian BBMnya pun tidak seboros sepeda motor matic.

4. Penggunaan Oli

Oli Motor Matic dan Manual
Produk oli sepeda motor dari Halo Kita. Klik pada gambar untuk menuju etalase kami.

Sepeda motor matic maupun manual sama-sama menggunakan oli. Namun, sedikit berbeda kegunaanya. Oli pada sepeda motor manual umumnya hanya bekerja sebagai pelumas mesin saja, yang dapat menjadikan performa sepeda motor lebih baik.

Sedangkan oli pada sepeda motor matic lebih multifungsi kegunaanya, yaitu selain melumasi mesin, juga bekerja sebagai penghantar mekanisme perpindahan gigi transmisi.

Nah, itu dia 4 perbedaan dasar dari sepeda motor matic dan manual. Dari kedua tipe sepeda motor tersebut, tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan tersebut secara singkat akan kami jelaskan dibawah ini.

1. Sepeda Motor Matic

Kelebihan :

Mudah digunakan, kapasitas bagasi barang lebih besar, gerakannya lincah dan gesit, serta nyaman dikendarai.

Kekurangan :

Penggunaan bahan bakar boros, kecepatan tidak secepat sepeda motor manual, penggunaan di jalanan yang bergelombang sedikit tidak nyaman dan suspensi yang tidak mendukung beban yang berat.

2. Sepeda Motor Manual

Kelebihan :

Penggunaan bahan bakar lebih irit, akselerasi dan kecepatannya lebih baik dibandingkan dengan sepeda motor matic, sistem pengereman lebih aman dan kenyamanan dalam handling.

Kekurangan :

Bagi pemula, akan sedikit lebih sulit mengendarainya dibandingkan dengan mengendarai sepeda motor matic , kapasitas bagasi barang yang lebih kecil, di jalanan yang padat atau macet tidak selincah dan gesit sepeda motor matic dan kurang nyaman dikendarai, karena harus mengganti gigi pada setiap kondisi jalan.

Demikian artikel tentang Sepeda Motor Matic vs Manual, Lebih Baik yang Mana?. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Halo Kita!

Sumber : Fortuna dan Tebet9.

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *