WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Cara Merawat Traktor agar Awet

traktor

Halo, Sahabat Niagakita!

Traktor adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah maupun untuk menarik trailer yang digunakan dalam bidang pertanian dan kontruksi. Instrumen pertanian biasanya ditarik atau didorong dengan traktor yang menjadi sumber utama mekanisasi pertanian.

Dimana traktor yang kali ini dibahas adalah traktor yang digunakan sebagai alat pembajak sawah, yang berperan untuk menggantikan peran sapi maupun kerbau dan juga menggantikan petani sendiri yang biasa mencangkul manual sawahnya. Umumnya traktor menggunakan mesin diesel sebagai sumber daya dalam mengolah tanah. Dengan menggunakan traktor, waktu yang diperlukan untuk membajak sawah lebih cepat dan juga pengerjaannya lebih mudah juga.

Karena fungsinya yang sangat penting, tentunya perlu untuk menjaga dan merawat traktor sehingga tetap awet dan baik. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merawat traktor.

Cara Merawat Traktor agar Awet

Lakukan Pemanasan

Sama halnya dengan sepeda motor, panasilah traktor sebelum digunakan. Ini dilakukan agar traktor dapat memiliki umur panjang dengan kondisi mesin yang stabil.

Van-Belt

van-belt traktor
Salah satu produk van-belt dari Niagakita. Klik pada gambar untuk melihat produk lainnya.

Ceklah kondisi van-belt, van-belt yang sudah lama digunakan biasanya akan mengembang dan kendur, sehingga menjadi longgar dan terjadi slip. Apabila van-belt terpasang terlalu kencang, juga akan menimbulkan kerusakan pada van-belt karena putaran mesin menjadi terhambat. Oleh sebab itu, pastikan van-belt terpasang dengan tepat dan baik.

Bahan Bakar

Pastikan bahan bakar pada tangki tidak kosong. Karena tangki yang kosong akan menyebabkan masuknya udara ke saluran bahan bakar, yang dapat berakibat pada mesin yang susah dinyalakan. Embun yang banyak pada tangki kosong juga dapat berakumulasi dan merusak komponen mesin pada motor traktor.

Mur-Baut

Sebelum dan sesudah menggunakan traktor, ada baiknya untuk selalu melihat kondisi dari mur-baut dan komponen pengikat lainnya. Apabila terdapat komponen yang kendur, tentunya dapat menyebabkan traktor berjalan tidak semestinya atau bahkan bisa membuat komponen traktor tersebut terlepas.

Cairan Pelumas

Komponen-komponen yang bergesekan perlu untuk diberi cairan pelumas. Tujuannya adalah agar tidak timbul gesekan dan panas. Beberapa komponen pada traktor yang dapat diberi cairan pelumas yaitu, gigi transmisi, kabel kopling, jari kopling, pengait kopling dan bagian dalam motor.

Filter Bahan Bakar

Perawatan selanjutnya adalah pada filter bahan bakar. Cobalah untuk membersihkan filter bahan bakar secara berkala. Biasanya, bahan bakar yang kotor dapat menyumbat komponen lubang nozel. Untuk membersihkannya, kamu bisa membersihkan mangkuk gelas, namun sebelum memeriksa komponen ini, pastikan kamu telah menutup kran bahan bakar terlebih dahulu, agar tidak mengalir.

Demikian artikel tentang Cara Merawat Traktor agar Awet. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya.

Salam, Niagakita!

Sumber : 8Villages

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *