WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Musim Hujan

Halo, Sahabat Niagakita!

Beberapa minggu ini, hujan deras kerap mengguyur berbagai wilayah di Indonesia. Khususnya di pulau Jawa, dimana beberapa wilayah melaporkan daerahnya terkena banjir dan tanah longsor yang diakibatkan oleh hujan yang deras dengan waktu yang cukup lama.

Selain banjir dan tanah longsor, hujan juga mengintai kesehatan manusia. Berbagai penyakit musiman seperti pilek, flue, kencing tikus hingga demam berdarah kerap datang di musim hujan. Oleh sebab itu, perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan kita supaya terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut. Di bawah ini, terdapat tips menjaga kesehatan di musim hujan, melansir dari ayobogor.com.

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Di musim hujan, tingkat kelembapan pada atmosfer yang berlebih dapat membuat kekebalan tubuh menurun, sehingga rentan terkena penyakit flue, pilek dan demam. Apalagi, ditambah dengan daya tahan tubuh yang menurun, maka resiko untuk terkena penyakit flue, pilek dan demam lebih rentan.

Jika kamu terkena penyakit di atas, kamu bisa mencoba dengan menyembuhkannya dengan pengobatan ala rumahan, dengan cara menambahkan bawang putih pada sup maupun minum air teh hangat yang telah dicampuri dengan jahe.

2. Minum Air Hangat

Salah satu penyebab datangnya penyakit di musim hujan adalah karena mengonsumsi air yang tercemar. Ada baiknya, kamu merebus dulu air yang kamu minum sehari-hari untuk memastikan kebersihan dan keamanannya. Selain itu, minum air hangat di saat hujan turun juga dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks.

3. Minum Teh Herbal

Mengonsumsi teh di saat hujan memang merupakan hal yang nikmat. Terlebih bila kamu meminum teh herbal, yang sudah diketahui khasiatnya. Bagi kamu yang belum tahu, khasiat meminum teh herbal yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat juga untuk meningkatkan nafsu makan. Bagaimana? Double manfaatnya kan?

4. Mengonsumsi Sayuran Pahit

Mengonsumsi sayuran yang pahit seperti pare, memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan terutama di musim hujan. Pare sendiri sudah seperti makanan khusus yang wajib dikonsumsi di musim hujan oleh sebagian orang, layaknya sebuah tradisi. Jadi, patut untuk kamu coba menambahkan sayuran ini pada menu makanan sehari-hari.

5. Jangan Makan Pedas Kebanyakan!

Hal lain yang perlu kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di musim hujan adalah jangan makan makanan pedas terlebih dahulu. Makanan pedas dapat membuat alergi maupun iritasi pada kulit. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang hangat seperti sup atau dapat juga dengan cara mengurangi tingkat kepedasan pada makanan yang kamu konsumsi.

6. Jangan Asal Makan Buah

Mengonsumsi buah memang tidak ada ruginya. Semua buah tentunya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, disaat musim hujan seperti sekarang ini, ada baiknya kamu memilih-milih buah apa yang kamu konsumsi. Contohnya pir, apel, mangga dan delima yang cocok di makan disaat musim hujan. Usahakan untuk menghindari memakan buah semangka dulu ya gaes, atau kalau kamu favorit banget dengan buah ini, setidaknya kurangi porsinya di musim hujan.

7. Konsumsi Produk dari Susu

Selanjutnya, disarankan untuk kamu mengonsumsi beberapa produk susu, contohnya yoghurt yang segar. Manfaatnya adalah untuk membuat tubuhmu tetap sehat serta dapat meningkatkan pencernaan kamu.

Demikian artikel tentang Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Referensi : Ayo Bogor

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Halo Kita     |     Bukalapak   : Bengkel Kita     |     Tokopedia   : Bengkel Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *