WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

4 Cara Merawat Sepeda agar Awet

Cara

Halo, Sahabat Niagakita!

4 Cara Merawat Sepeda Agar Awet – Sepeda adalah salah satu alat transportasi yang beberapa waktu ini cukup hits. Berbarengan dengan adanya pandemi Covid-19 yang membatasi jumlah penumpang di berbagai alat transportasi umum, membuat sepeda ontel menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas. Selain ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi, bersepeda atau gowes juga dapat membuat tubuh menjadi sehat serta dapat membakar kalori.

Sama halnya dengan alat transportasi lainnya, sepeda tentunya juga perlu dilakukan perawatan. Apalagi penggunaannya cukup rutin, misalnya untuk pergi ke kantor, sekolah, berbelanja ke minimarket atau sekedar untuk olahraga setiap pagi atau weekend. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk merawat sepeda dengan baik dan benar agar sepeda awet dan tidak mudah rusak, sehingga tidak mengganggu ativitasmu.

Cara Merawat Sepeda dengan Baik dan Benar

1. Bersihkan secara Rutin

Langkah pertama dan paling utama adalah membersihkan sepeda dengan rutin. Mencuci sepeda dengan sabun tentunya akan membuat penampilan sepeda menjadi lebih bersih dan nyaman untuk dilihat. Selain itu, kotoran yang menempel pada komponen sepeda yang bermaterial besi tentunya akan mudah menjadi berkarat bila dibiarkan begitu saja.

Agar aksesoris tidak rusak saat sepeda dicuci, ada baiknya untuk melepaskannya terlebih dahulu sebelum melakukan pencucian sepeda. Setelah sepeda bersih, barulah kamu bisa memasang kembali aksesoris yang tadi kamu lepas.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat mencuci sepeda adalah bagian rantai dan roda. Bersihkan rantai yang kotor dengan meletakkan kain yang telah dibasahi dengan sabun dibagian rantai, lalu kamu bisa memutar pedal dengan tangan agar rantai berputar dan kotoran pada rantai dapat rontok.

Untuk bagian roda sendiri, kamu perlu membersihkan semua bagian ruji pada ban dengan mengelapnya dengan kain yang basah, jangan sampai ada yang terlewat karena ruji pada roda sepeda cukup berkarat.

2. Perhatikan Kondisi Rem Sepeda

Selanjutnya adalah mengecek kondisi kampas rem pada kedua roda sepeda. Pastikan rem masih berfungsi dengan baik agar kamu bisa gowes dengan nyaman dan aman. Pastikan juga kamu mencoba menggunakan rem setelah sepeda di cuci, hal ini untuk membuat kampas rem cepat kering agar dapat berfungsi dengan normal kembali.

Bila kampas rem sudah mulai habis atau aus, ada baiknya kamu segera melakukan penggantian kampas rem.  Jangan lupa untuk melihat juga kondisi kabel dan minyak remnya. Oh iya, jangan biasakan juga melakukan teknik pengereman dengan menggunakan alas kaki ya, hehehe…..

3. Cek Tekanan Angin pada Ban

Sama halnya dengan sepeda motor, mengecek tekanan pada angin ban juga berlaku pada sepeda. Hal ini dikarenakan, tekanan angin pada ban sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat sepeda digunakan. Bayangkan bila tekanan angin kurang, tentu saat kamu meng-gowes pedal akan terasa berat bukan?

Hal lain yang patut diperhatikan adalah ban yang tidak terisi angin dengan cukup bila digunakan dapat membuat sepeda cepat rusak. Jadi, ceklah dengan rutin tekanan angin pada ban sepeda kamu, terlebih saat kamu hendak menggunakannya.

4. Perhatikan Tempat Penyimpanannya

Hanya karena ukurannya yang tidak besar, bukan berarti kamu bisa menaruh sepeda di tempat sembarangan ya… Pastikan sepeda diletakkan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Bila memarkirkan sepeda di tempat umum, pastikan juga sepeda tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena dapat mengurangi kualitas cat pada sepeda. Jika diletakkan di tempat yang terbuka, tentunya jika hujan datang sepeda akan terkena air hujan secara langsung, hal ini dapat membuat beberapa komponen sepeda cepat berkarat.

Demikian artikel tentang 4 Cara Merawat Sepeda agar Awet. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Referensi : Berkeluarga

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Halo Kita     |     Bukalapak   : Bengkel Kita     |     Tokopedia   : Bengkel Kita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *