WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Cara Meredakan Batuk Berdahak secara Alami

batuk berdahak

Halo, Sahabat Niagakita!

Batuk merupakan salah satu penyakit yang simpel tapi cukup mengganggu, apalagi kalau batuk berdahak kadang mengganggu waktu kita saat tengah tidur dimalam hari. Umumnya, sebagian besar batuk bisa sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh membaik. Namun, untuk mempercepat proses penyembuhan batuk, ada baiknya kamu mencoba beberapa cara di bawah ini.

Cara meredakan batuk berdahak secara alami :

– Jahe

Ketika kamu mengalami batuk kering, jahe dapat digunakan untuk meredakannya. Kandungan dalam jahe dapat membuat saluran pernapasan menjadi lebih rileks. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kamu tinggal membuah teh dan tambahkan 20 – 40 gram jahe bubuk ke dalam teh tersebut.

– Madu

Madu juga dapat meredakan gejala batuk berdahak lho. Kamu bisa meminumnya ketika hendak tidur. Kamu bsa meminumnya secara langsung, namun bisa juga dengan mencampurkannya ke dalam teh atau minuman lainnya. Takarannya bisa dengan menambahkan dua gelas sendok teh madu ke dalam minuman, lalu meminumnya dua kali sehari. Namun, perlu diperhatikan bila memberikan madu ke anak yang di bawah 12 tahun, karena diketahui ada beberapa jenis madu yang tidak cocok untuk anak-anak.

– Nanas

Selanjutnya ada buah nanas, diketahui kandungan enzim dalam nanas memiliki manfaat yang dapat mengatasi peradangan dan menyingkirkan lendir maupun dahak dalam tenggorokan. Sehingga buah ini sangat bermanfaat untuk meredakan gejala batuk berdahak. Untuk menggunakan cara ini, kamu dapat membuat jus nanas, namun pastikan bromelain yang memiliki manfaat untuk meredakan batuk berdahak ikut tercampur dalam jus. Bromelain tersebut terdapat di tengah-tengah buah nanas. Oh iya, perlu menjadi perhatian bagi kamu yang memiliki alergi bromelain sebaiknya jangan menggunakan cara ini untuk meredakan batuk berdahak ya!

– Berkumur Air Garam

Cara ini bisa dibilang cara yang cukup mudah dan sederhana, namun cukup efektif untuk meredakan gejala batuk berdahak. Larutan air garam diketahui dapat mempengaruhi dahak dan produksi lendir di dalam tenggoroka, oleh karena itu cara ini bisa kamu gunakan untuk meredakan gejala batuk berdahak. Untuk menggunakan cara ini, kamu cukup mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam air hangat, aduk hingga merata. Setelah air cukup dingin, kamu dapat menggunakannya untuk berkumur-kumur. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari.

– Minum Air yang Cukup

Pada awal artikel ini telah dijelaskan bahwa batuk dapat sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh membaik. Nah, salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi air minum yang cukup. Menurut beberapa riset, minum air yang cukup dan ditambah dengan berada di ruangan yang suhunya idela dapat mengatasi gejala batuk, hidung gatal hingga bersin-bersin.

Demikian artikel tentang Cara Meredakan Batuk Berdahak secara Alami. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Referensi : Kompas. | Gambar : Freepik.

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *