WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Macam-macam Genset yang Perlu Kamu Ketahui

macam-macam genset

Halo, Sahabat Niagakita!

Generator set atau biasa disingkat menjadi genset, adalah mesin pembangkit listrik cadangan yang terdiri dari generator / pembangkit listrik dengan mesin penggerak. Besaran listrik yang dapat dihasilkan disesuaikan dengan ukuran genset. Genset ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831, Faraday menemukan sebuah induksi elektromagnetik yang kemudian dikembangkan menjadi generator. Pada awalnya genset dibuat hanya menggunakan gulungan kawat dan besi. Untuk generator diesel sendiri ditemukan oleh Rudolph Diesel yang dihak patenkan pada tahun 1892.

Setelah mengenal apa itu genset, ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui macam-macam genset. Sehingga ketika nanti kamu memerlukan genset, kamu dapat mengetahui genset mana yang kamu perlukan. Seperti yang kami kutip dari situs Teknikmesin.com, genset terbagi menjadi beberapa macam, yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Macam-macam Genset

– Genset Diesel

Genset tipe ini cukup umum untuk ditemui di Indonesia. Genset yang menggunakan bahan bakar solar ini memiliki tenaga yang cukup kuat serta dapat menghasilkan tegangan listrik yang besar. Kapasitas daya listriknya sendiri bisa berkisar mulai dari 5.000 watt sampai 2 Mw. Genset tipe diesel ini biasanya mengeluarkan suara yang cukup keras ketika tengah digunakan, sehingga biasanya harus dilengkapi dengan pengedap suara untuk mengurangi suaranya yang bising.

– Genset Bensin

Seperti namanya, generator set ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar penggerak mesinnnya. Dalam pembagiannya, genset bensin terbagi menjadi dua yaitu genset bensin 2 tak, dimana memiliki kapasitas hingga 1.000 watt serta genset bensin 4 tak yang memiliki kapasitas daya listrik lebih tinggi hingga mencapai 12.000 watt.

– Genset Gas

Generator set ini menggunakan gas seperti gas LPG untuk menghasilkan tenaga listrik. Prinsipnya sebenarnya sama dengan genset bensin, hanya saja saluran bahan bakar yang biasanya digunakan untuk mengalirkan bensin diganti dengan gas. Bisa dibilang genset ini cukup baru dan masih ada produsen-produsen genset yang melakukan pengembangan genset gas ini. Genset gas ini juga masih cukup jarang digunakan oleh masyarakat.

– Genset Tenaga Surya

Selanjutnya ada genset tenaga surya yang dapat beroperasi bila mendapatkan tenaga dari panas matahari yang telah diserap lalu disimpan pada panel surya yang terpasang. Panel-panel surya tersebut biasanya dipasang di atap atau atas gedung-gedung sehingga mudah mendapat cahaya matahari untuk diserap.

– Genset Turbin

Genset turbin adalah genset yang mesinnya digerakan dengan menggunakan turbin. Gerakan yang dilakukan oleh turbin menghasilkan energi listrik dari generatornya. Genset turbin ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena kapasitasnya yang cukup besar yaitu mencapai 2.000.000 watt. Turbin yang digunakan pada genset ini pun macam-macam, ada yang menggunakan turbin udara, turbin air, dan turbin uap.

Demikian artikel tentang Macam-macam Genset yang Perlu Kamu Ketahui. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *