WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Habema, Danau Tertinggi Indonesia di Tanah Papua

Danau Habema, Papua.

Halo, Sahabat Niagakita!

Danau Habema adalah sebuah danau yang berada di kaki Gunung Trikora, di kabupaten Jayawijaya, Papua. Danau yang memiliki luas sekitar 224,35 hektar mendapatkan predikat sebagai danau tertinggi di Indonesia, dengan letaknya yang berada di ketinggian 3,225 meter di atas permukaan laut.

Danau Habema termasuk di dalam kompleks Pegunungan Jayawijaya, di Taman Nasional Lorentz, Wamena, Papua. Dari kota Wamena, diperlukan perjalanan sejauh 48 km dengan kontur perjalanan yang naik turun. Menurut beberapa artikel, nama asli dari danau ini adalah Danau Yuginopa, namun pada tahun 1909, Letnan Habema (perwira asal Belanda) melakukan ekspedisi bersama timnya ke puncak Trikora dan melewati danau ini, sehingga danau ini kemudian juga dikenal dengan nama Danau Habema.

Baca juga : Kue Lontar, Peninggalan Belanda di Tanah Papua

Ketika kamu baru menginjakkan kaki di sana, kamu langsung akan disuguhkan oleh pemandangan pohon dan tanaman yang berada di sekeliling danau. Belum lagi suara burung-burung dan capung yang berterbangan menjadikan dirimu berasa benar-benar berada di tengah alam yang indah dan tenang. Sepinya pengunjung juga dapat membuat dirimu bisa bersantai dan merefleksikan diri tanpa diganggu oleh aktivitas dari pengunjung lainnya.

Fauna di Sekitar Danau Bamena 

Kawasan pepohonan yang berada di dekat danau ini merupakan hutan lindung terbesar yang ada di Asia Tenggara, jadi jangan heran bila di hutan lindung tersebut banyak sekali flora dan faunanya. Mengutip laman Wikipedia, setidaknya terdapat kanguru pohon, beberapa spesies burung langkah seperti beo pesquest dan burung cendrawasih menetap di hutan ini. Sedikitnya ada sekitar 630 jenis burung yang ada di hutan yang tak jauh dari Danau Habema.

Ketika kamu ingin mengunjungi Danau Habema, disarankan untuk datang dipagi hari serta cuaca tengah cerah. Karena danau ini sering tertutup kabut karena letaknya yang berada di ketinggian. Jika cuaca tengah cerah, bukan tidak mungkin kamu bisa menikmati indahnya Gunung Trikora yang berhias salju dari Danau Habema. Oh iya, suhu di danau ini cukup dingin lho, bisa mencapai 10 hingga 0 derajat Celcius, jadi jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang tebal ya!

Demikian artikel tentang Habema, Danau Tertinggi Indonesia di Tanah Papua. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *