WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

5 Daerah dengan Hutan Terluas di Indonesia

Daerah dengan hutan terluas di Indonesia.

Halo, Sahabat Niagakita!

Indonesia merupakan negara yang begitu indah, terdiri dari 17.000 lebih pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, 77% wilayah Indonesia berupa perairan. Namun selain kaya akan lautannya, Indonesia juga kaya akan kekayaan alam lainnya berupa hutan.

Melansir dari situs Goodnewsfromindonesia.id, luas hutan tropis yang ada di Indonesia sendiri mencapai 39.594.447 hektar, menjadikannya sebagai hutan tropis terbesar di dunia yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Besarnya hutan yang ada di Indonesia tentunya tersebar di beberapa daerah, penasaran daerah mana saja yang paling luas memiliki hutan? Baca selengkapnya di bawah ini.

5 Daerah dengan Hutan Terluas di Indonesia

1. Papua

Mungkin sudah tertebak jika Papua berada di urutan pertama yang memiliki hutan terluas di Indonesia. Ya, Papua sendiri bisa dibilang sebagai harapan hutan di Indonesia, karena masih minimnya pembalakan liar maupun pengalihan fungsi hutan seperti di pulau lainnya. Luas hutan yang ada di Papua sendiri diperkirakan 40.546.360 hektar yang terbagi di dua wilayah yaitu Papua dan Papua Barat.

Pulau yang memiliki sebutan Pulau Emas bagi Indonesia ini memang sangat kaya akan sumber daya alamnya. Selain melimpahnya hutan, di Papua sendiri terdapat kekayaan lain berupa minyak, gas, emas, perkebunan serta kekayaan flora dan fauna khasnya seperti burung cenderawasih, kasuari dan kuskus bermata hijau.

2. Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah, wilayah yang ada di Pulau Borneo ini menyandang sebagai daerah dengan hutan terluas kedua di Indonesia. Setidaknya ada 15.300.00 hektar hutan yang tersebar di beberapa daerah di provinsi yang beribukota Palangkaraya ini. Namun sayangnya, di Kalimantan Tengah sendiri sering terjadi kebakaran hutan yang mana dapat mengurangi luas hutan yang ada di sini. Mengutip Antaranews.com, pada 2020 dilaporkan setidaknya ada 157 kali kebakaran hutan yang menghanguskan 221,18 hektar hutan.

3. Kalimantan Timur

Dari Kalimantan Tengah kita bergeser sedikit ke Kalimantan Timur. Provinsi yang beribukota di Samarinda ini memiliki hutan dengan luas 14.651.053 hektar. Sama halnya Kalimantan Tengah, salah satu permasalahan yang mengurangi luasan hutan di Kalimantan Timur adalah kebakaran hutan. Pada tahun 2019 contohnya, terjadi kebakaran hutan yang cukup luas, mencapai 672 hektar. Kebakaran di sini bisa terjadi dari beberapa hal, salah satunya karena pembukaan lahan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

4. Riau

Mungkin bagi beberapa orang ketika mendengar kata Riau akan teringat dengan peristiwa kebakaran hutan beberapa tahun lalu yang asapnya sampai ke negeri tetangga. Ya, Riau memang memiliki hutan yang cukup luas. Dari total 87.024 km2, 9.456.160 hektar di antaranya berupa hutan yang masih asri. Sayangnya memang kerap terjadi kebakaran hutan yang dapat mengurangi jumlah hutan di provinsi yang berbatasan dengan Sumatera Utara ini. Kebakaran hutan ini disebabkan oleh berbagai hal, selain pembalakan liar, cuaca panas serta angin kencang pun dapat membuat hutan di Riau terbakar.

5. Kalimantan Barat

Kembali ke daratan Kalimantan, ada Kalimantan Barat yang melengkapi daftar 5 daerah dengan hutan terluas di Indonesia. Provinsi yang memiliki ibukota Pontianak ini memiliki hutan seluas 9.101.760 hektar. Sama halnya dengan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur, hutan di Kalimantan Barat ini juga kerap terjadi pembalakan liar yang dapat merusak hutan. Bahkan, pada tahun 2019 terjadi kebakaran hutan yang menghanguskan 2,6 juta hektar hutan di Kalimantan Barat. Padahal, hutan di kawasan ini memiliki banyak sekali eksosistem berupa flora dan fauna yang endemik Kalimantan.

Demikian artikel tentang 5 Daerah dengan Hutan Terluas di Indonesia. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Referensi : GNFI.

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *