WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Penting! Karburator Banjir? Ini Penyebabnya

penting

Halo, Sahabat Niagakita!

Karburator merupakan salah satu komponen terpenting dalam sepeda motor. Karburator memiliki fungsi salah satunya sebagai pengkabut bahan bakar menuju ruang bakar. Sehingga ketika karburator tidak dapat bekerja dengan baik, maka bisa dipastikan sepeda motor akan mengalami masalah, misalnya sepeda motor tidak bisa menyala.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada karburator adalah terjadinya banjir di karburator. Dimana jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam karburato terlalu banyak yang kemudian menyebabkan sepeda motor tidak dapat dinyalakan. Menurut situs otoflik.com, terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan karburator mengalami kebanjiran, yang akan kami rangkum dengan singkat di bawah ini.

Penyebab Karburator Banjir

1. Pelampung Mengalami Kebocoran

Salah satu penyebab karburator mengalami banjir adalah karena terjadi kebocoran pada pelampung karburator. Kondisi ini dapat membuat jarum pelampung tidak bisa menutup saluran bahan bakar dengan baik, sehingga menyebabkan bahan bakar terus mengalir ke dalam karburator hingga kebanjiran.

Selain itu, bisa juga karburator mengalami banjir karena setelan pelampung karburator yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan servis sepeda motor dengan rutin agar dapat mengetahui kondisi karburator.

2. Jarum Pelampung Kotor & Aus

Penyebab selanjutnya dari banjir karburator adalah kotornya jarum pelampung. Ketika kotoran yang ada pada jarum pelampung sudah banyak, maka jarum tersebut tidak dapat bekerja dengan maksimal yang ujung-ujungnya membuat karburator mengalami banjir.

Selain kotor, jarum pelampung juga bisa mengalami aus yang dapat membuat bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak terkontrol. Sebagai informasi saja, jarum pelampung berfungsi untuk menyumbat jalannya aliran bahan bakar dari tangki menuju ruang bahan bakar.

3. Rusaknya Selang Pembuangan

Rusaknya selang pembuangan juga dapat mengakibatkan kebocoran pada karburator. Hal ini karena selang tidak dapat bekerja dengan baik sehingga bahan bakar justru keluar melalui saluran pembakaran yang dapat membuat kelebihan bakan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

4. Spring Needle Valve Patah

Spring atau per pada jarum pelampung karburator berguna untuk menutup rapat saluran bahan bakar yang ada. Bila komponen ini rusak, maka karburator akan mengalami kebanjiran dikarenakan jarum pelampung tidak bisa menutupi saluran bahan bakar.

5. Karburator Rusak

Penyebab lain dari banjirnya karburator adalah rusaknya karburator itu sendiri. Penyebab ini cukup sering terjadi dan membuat karburator banjir maupun tidak bisa digunakan. Karburator tentunya bisa rusak karena beberapa hal, antara lain karena korosi dan juga kotoran yang mengerak pada karburator.

Demikian artikel tentang Penting! Karburator Banjir? Ini Penyebabnya. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Referensi : Otoflik.

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *