WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Ini Dia Tanda Van-belt Rusak & Penyebabnya

van-belt rusak

Halo, Sahabat Niagakita!

Van-belt merupakan media transmisi daya pada suatu mesin yang berbentuk lingkaran seperti sabuk dan terbuat dari karet. Van-belt berfungsi sebagai media transmisi daya dari suatu poros ke poros lainnya melalui pulley yang diputar oleh sumber daya mesin.

Van-belt terdiri dari 3 komponen, yaitu : badan sabuk (belt body) yang terbuat dari karet khusus, tensile member berupa kawat yang kuat, dan sampul atau tutup sabuk yang terbuat dari material berupa serat tenunan yang berguna untuk melindungi bagian yang direnggangkan.

Van-belt tentunya bisa rusak atau putus, bisa jadi karena sudah terlalu lama maupun karena hal-hal lain yang menyebabkan van-belt putus ataupun rusak. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai gejala dan penyebab van-belt bisa putus. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya.

Gejala Van-belt Rusak atau Mau Putus

1. Gejala yang paling mudah diketahui adalah munculnya suara dari bagian box CVT saat kendaraan tengah melaju, khususnya pada awal akselerasi. Ketika sepeda motor hendak jalan, terdengar suara decitan di bagian CVT.

2. Pada saat berada di kecepatan tinggi, sepeda motor berasa tidak mulus dan rpm naik padahal kecepatan sepeda motor tidak bertambah.

3. Tarikan sepeda motor tidak begitu mulus, serasa tersendat-sendat.

Penyebab Van-belt Rusak

1. Temperatur Tinggi

Perhatikan temperatur di area van-belt. Temperatur yang tinggi merupakan salah satu faktor utama yang dapat membuat van-belt menjadi retak.

2. Pengaturan

Aturlah van-belt dengan tepat, jangan terlalu longgar dan jangan pula terlalu kencang. Van-belt yang terlalu longgar dapat menyebabkan terjadinya slip yang dapat membuat suhu van-belt menjadi lebih panas.

3. Terkena Oli

Baik oli maupun minyak sebenarnya keduanya dapat merusak benda-benda yang terbuat dari karet, salah satunya van-belt. Minyak dan oli memiliki kandungan zat kimia yang dapat merusak karet.

Demikian artikel tentang Ini Dia Tanda Van-belt Rusak & Penyebabnya. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *