WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Es Lilin, Jajanan Asal Bandung yang Mulai Sulit Ditemui

jajanan bandung

Halo, Sahabat Niagakita!

Siapa yang tak kenal es lilin, jajanan yang sempat menjadi primadona bagi anak generasi 90-an ini memiliki cita rasa yang manis. Pada jamannya, jajanan yang berbalut plastik yang panjang ini seringkali menghiasi lapak pedagang di setiap sekolah, toko rumahan hingga pelapak di pasar tradisional.

Es Lilin Jajanan Asal Bandung

Mengutip laman Merdeka.com yang melansir kuliner.panduanwisata.id, pada awal kemunculannya es lilin hanya memiliki rasa yang sederhana. Di awal tahun 1950-an tepatnya, warga pedesaan di kota Bandung mulai menjajakan jajanan dingin ini. Awal mulanya para penjual es lilin ini hanya menjual satu rasa yaitu campuran santan kelapa, tepung es dan gula yang dibekukan. Setelah itu, es lilin mulai dikenal dengan dua rasa baru yaitu rasa kacang hijau dan kelapa muda.

Bagi kita yang pernah merasakan eksistensi es lilin ini, tentu kita akan teringat bila penjual es lilin selalu menyimpan jajanannya ini di sebuah termos es. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan es lilin dari terik sinar matahari dan menjaga suhunya agar tetap beku.

Sekarang keberadaan es lilin mulai sulit untuk ditemui. Apalagi dengan maraknya jajanan es kekinian seperti es kepal milo, es kado dan lain sebagainya. Bahkan di tahun 1980-an pun sebenarnya es lilin sudah mulai tersaingi dengan keberadaan es yang bervariasi seperti es limun yang harganya pun relatif murah juga.

Es lilin semakin “punah” dari pasaran ketika penggunaan lemari es atau kulkas mulai menjadi perangkat elektronik yang umum dimiliki masyarakat Indonesia. Sehingga bagi mereka yang memiliki kulkas, dapat membuat es lilin sendiri dari rumah. Namun, sekarang penjual es lilin pun mulai melakukan inovasi terhadap jajanannya dengan menambah variasi rasa seperti rasa thai tea, matcha, kopi dan lain sebagainya.

Demikian artikel tentang Ramai Diperbincangkan di Medsos, Apasih WhatsApp GB?. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *