WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Sudah Jarang Digunakan, Ini Alat Panen Padi Tradisional

alat panen padi

Halo, Sahabat Niagakita!

Di beberapa daerah, bulan Februari tanaman padi sudah ada yang masuk waktu panen. Para petani pun mulai disibukan untuk menyiapkan perlengkapan panen untuk padi agar waktu panen tepat dan tidak mundur. Karena jika dibiarkan lama, maka padi yang sudah saatnya dipanen bisa saja dimakan oleh burung-burung yang ada di sawah.

Kali ini, Niagakita akan membahas tentang alat-alat yang biasa digunakan petani dalam aktivitas memanen padinya, khususnya adalah alat tradisional. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya!

Alat-alat Panen padi Tradisional

– Arit Babatan

Arit babatan memiliki ciri-ciri tipis dan ringan untuk dibawa, membuatnya mudah dan tidak membuat cepat lelah ketika digunakan dalam memanen padi. Arit babatan bentuknya pun tidak sama dengan arit pada umumya.

Arit babatat ini terbuat dari material besi baja yang kuat, sehingga penggunaannya bisa awet dan tahan lama. Dulunya, sebelum ada arit babatan para petani biasa menggunakan ani-ani untuk proses pemanenan padi.

– Ani-ani

Ani-ani padi merupakan alat panen padi yang cukup tradisional dan sudah digunakan semenjak dulu. Ani-ani ini bisa dibilang cukup susah digunakannya, sehingga butuh waktu untuk melatih bagi yang baru menggunakannya. Selain itu, salah satu hal yang membuat ani-ani mulai terpinggirkan karena butuh waktu yang lama dalam memanen padi bila menggunakan alat ini. Oleh karena itu, kini banyak petani yang sudah tidak menggunakannya dan berpindah menggunakan arit babatan maupun alat panen lainnya.

– Gebotan

Saya yakin penggunaan alat ini sudah sangat jarang digunakan, namun bukan berarti sudah punah. Gejotan merupakan alat pemanen padi yang terbuat dari kayu atau bambu disusun seperti segitiga, kegunaannya adalah untuk merontokkan bulir padi dengan cara menghempaskan tanaman padi yang sudah dipotong ke gebotan.

Kini, bersamaan dengan datangnya alat panen modern, penggunaan gebotan pun sudah mulai jarang. Alasannya pun cukup simpel, karena memanen padi menggunakan gebotan memerlukan waktu yang cukup lama.

Demikian artikel tentang Sudah Jarang Digunakan, Ini Alat Panen Padi Tradisional. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *