WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Cara Kerja Governor Mesin Diesel

Cara Kerja Governor Mesin Diesel 1

Prinsip Kerja Governor merupakan seperangkat komponen pada mesin diesel yang berfungsi sebagai pengendali putaran mesin agar tetap seimbang dan pada saat yang bersamaan mengendalikan output daya.

Mesin Kubota berkapasitas 4,5 – 25 HP menggunakan governor mekanik untuk segala kecepatan. Pengendalian berlaku pada setiap kecepatan antara putaran terendah (stationer) sampai putaran tertinggi.

Prinsip kerjanya berdasarkan azas sentrifugal

Cara Kerja Governor Mesin Diesel 2

  1. Pada saat menghidupkan / start

Ketika speed control lever digerakkan ke arah A, governor lever dengan perantara governor spring akan tertarik ke arah C. Pada saat itu kedua governor weight belum ada gaya sentrifugal yang bekerja, selama mesin belum dinyalakan. Demikian control rack bergerak ke arah posisi bahan bakar maksimum bagi penyalaan awal dari mesin

 

  1. Pada saat putaran minimum ke maksimum

Ketika putaran mesin berada antara rpm minimum ke maksimum, akan dicapai suatu kecepatan tertentu dimana terjadi keseimbangan antara tegangan governor spring dengan gaya sentrifugal dari kedua governor weight, yang disalurkan melalui governor shaft. Apabila beban dinaikkan, putaran mesin akan cenderung menurun dan gaya sentrifugal akan menurun pula, oleh karena itu control rack bergerak ke arah C sehingga kedudukan bahan bakar akan bertambah, dari posisi putaran seimbang yang terdahulu menuju ke putaran seimbang yang semestinya. Dengan cara ini, putaran mesin akan dikendalikan secara otomatis pada putaran yang konstan.

 

  1. Pada saat putaran maksimum

Ketika speed control lever bergerak ke arah A, governor weight berada pada kedudukan gaya sentrifugal maksimum, juga governor lever menyentuh fuel limiter.

Begitu beban dinaikkan, putaran akan menurun, mengurangi gaya sentrifugal dari governor weight. Kemudian governor lever mendorong fuel limiter (yang terdiri dari pin dan pegas) dan bergerak ke arah C.

Demikian, control rack terletak pada posisi penyemprotan bahan bakar maksimum akan menghasilkan out put daya yang maksimum pula.

 

  1. Pada saat mesin dimatikan

Ketika speed control lever bergerak ke arah B sepenuhnya (posisi STOP), maka governor spring menggerakkan governor lever ke arah D sehingga control rack ditempatkan pada posisi ‘STOP’ (tidak ada bahan bakar yang disemprotkan) oleh karena itu mesin akan mati.

3 thoughts on “Cara Kerja Governor Mesin Diesel

  1. Nang supriyadi says:

    Bagaimana cara servis governoor ketika rpm minimum ke maksimum beban dinaikan tetapi gas tidak maksimum

  2. m ishak effendy says:

    setahu saya governor berfungsi untuk menaikkan RPM dan menurunkan RPM dengan cara mengatur bahan bakar masuk..
    Pertanyaan saya, apakah bisa motor memutar Generator melalui vent belt diberi bandulan besar, dan ditambah alat bantu untuk memutar generator dgn menambah 1 buah motor penggerak ?.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *