WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah

Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 1

Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah

 

Cultivator adalah alat dan mesin pertanian yang berguna untuk mengolah tanah sekunder.  Kultivator berfungsi mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah yang besar, sebelum penanaman (untuk mengaerasi tanah) maupun setelah benih atau bibit tertanam (untuk membunuh gulma). Berbeda dengan garu yang mengaduk sebagian besar permukaan tanah, kultivator mengaduk tanah sebagian saja secara hati-hati sehingga tidak mengganggu tanaman pertanian.

A. Jenis Cultivator

1. Kultivator Traktor Rotary

Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 3              Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 4

Jenis kultivator dengan rotary ini banyak digunakan pada lahan yang tidak terlalu luas dan pada lahan yang rata, pada lahan persawahan. Kultivator rotary jenis ini dapat digunakan pada 2 kondisi lahan yaitu lahan kering dan lahan basah. Untuk pengolahan lahan kering biasanya proses pertama dengan menggunakan singkal kemudian untuk menghancurkan dan meratakan digunakan mesin rotary ini. Sedang untuk pengolahan pada lahan basah/sawah dapat digunakan satu kali proses penggarapan sampai lahan siap tanam.

2. Kultivator Honda FJ500

Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 5                Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 6

Kultivator jenis mini tiller ini hanya dapat digunakan pada lahan kering saja. Sistem kerjanya dengan mencacah tanah menjadi bagian-bagian kecil sehingga struktur tanah menjadi lebih gembur. Pengoperasian mesin ini sangat mudah dan dilengkapi dengan pengaturan stang 3 posisi, sehingga dapat disesuaikan dengan tinggi rendahnya operator.  Jenis ini sangat hemat bahan bakar, mudah untuk berpindah lahan karena ringan dengan berat 64 Kg (dengan rotary). Dapat digunakan untuk pembuatan guludan, parit dan untuk penyiangan (sesuai perlengkapannya)*. Perlengkapan tambahan yang sesuai : Ridger 55-60mm, Star Rotor 750-950mm, Star Rotor SP 700-900mm, Miracle Rotor 800mm.

3. Kultivator Yanmar Te550n

Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 7               Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 8

Kultivator jenis mini tiller ini hanya dapat digunakan pada lahan kering saja. Sistem kerjanya dengan mencacah tanah menjadi bagian-bagian kecil sehingga struktur tanah menjadi lebih gembur. Pengoperasian mesin ini sangat mudah dan dilengkapi dengan pengaturan stang 3 posisi, sehingga dapat disesuaikan dengan tinggi rendahnya operator.  Jenis ini sangat hemat bahan bakar, mudah untuk berpindah lahan karena ringan dengan berat 80 Kg (dengan roda karet). Dapat digunakan untuk pembuatan guludan, parit dan untuk penyiangan (sesuai perlengkapannya)*. Perlengkapan tambahan yang sesuai: Axle Rotary 640mm, Hexagon rotor 700mm, Rear Rotary 350mm, Roda Besi, Ridger.

4. Kultivator Quick Cakar Baja

Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 9             Cultivator Salah Satu Mesin Pengolah Tanah 10

Kultivator jenis mini tiller ini hanya dapat digunakan pada lahan kering saja. Sistem kerjanya dengan mencacah tanah menjadi bagian-bagian kecil sehingga struktur tanah menjadi lebih gembur. Pengoperasian mesin ini sangat mudah dan dilengkapi dengan pengaturan stang 3 posisi, sehingga dapat disesuaikan dengan tinggi rendahnya operator.  Jenis ini sangat hemat bahan bakar, mudah untuk berpindah lahan karena ringan dengan berat 71 Kg (dengan roda karet). Dapat digunakan untuk pembuatan guludan, parit dan untuk penyiangan (sesuai perlengkapannya)*. Perlengkapan tambahan yang sesuai : RTH, Roda Besi, Blade B 755mm, Blade S 800mm, Blade J 1140mm, Ridger.

B. Cara Kerja Cultivator

Kultivator bekerja dengan menggunakan gigi yang sedikit menancap ke dalam tanah sambil ditarik dengan sumber tenaga penggerak, umumnya traktor. Kultivator jenis lain (rotary tiller) menggunakan gerakan berputar cakram dan gigi untuk mencapai hasil yang sama.

Kultivator yang bertipe gigi menyerupai bajak namun bekerja dengan cara yang berbeda. Kultivator hanya bekerja pada permukaan, sedangkan bajak singkal bekerja lebih ke dalam tanah. Sehingga penggunaan kultivator membutuhkan tenaga tarik yang lebih kecil dibandingkan pembajakan.

C. Manfaat Cultivator

Berikut adalah manfaat menggunakan alat kultivator:

1. Mutu pekerjaan olah tanah menjadi lebih baik ( lebih dalam dan gembur )

2. Efisiensi ( waktu lebih cepat, biaya lebih murah )

3. Praktis dalam penggunaannya ( ringan/mudah dikendalikan )

4. Ringan dan mudah dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan pekerjaan

Klik link: https://niagakita.id

CULTIVATOR MINI POWER TILLER VTL 900

Rp 7,500,000

Cultivator / Mini Power Tiller

Model : VTL900U
Engine : VGX220U
Type : Air Cooled, 4-Stroke
Rated Power : 7 / 3600 ( HP / RPM)
Wide Range : 800 – 1200 (mm)
Dept : 150 – 300 (mm)
Transmision : V-Belt
Fuel : Gasoline
Accessories : Ditcher, Rotary Blade

Baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *