Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.

JIKA MESIN KUBOTA MENGELUARKAN ASAP PEKAT, SEGERA LAKUKAN INI!

JIKA MESIN KUBOTA MENGELUARKAN ASAP PEKAT, SEGERA LAKUKAN INI! 1

PT Kubota Indonesia kerap menerima laporan konsumen yang panik ketika mesin diesel Kubota yang dimilikinya mengeluarkan asap pekat baik hitam maupun putih pekat. Mesin diesel Kubota yang dalam keadaan baik sewajarnya hanya mengeluarkan asap berwarna abu-abu atau cenderung tidak berwarna. Apabila mesin diesel Kubota mengeluarkan asap pekat, kemungkinan terjadi hal-hal berikut :

  1. Nozzle sudah aus ataupun tersumbat, hal ini bisa disebabkan karena penggunaan mesin rpm rendah atau dibawah 1000 rpm. Penggunaan rpm rendah ini menyebabkan pembakaran pada ruang bakar tidak sempurna yang menimbulkan kerak atau sisa pembakaran yang menempel pada nozzle dan menyebabkan penyumbatan pada nozzle. Selain itu tekanan pengabutan nozzel yang turun akibat spring nozzel sudah yang lemah
  2. Ring piston atau seher sudah aus karena perawatan yang kurang baik di saringan udara, ruang bakar akan mudah kemasukan kotoran atau debu yang mengakibatkan Ring Piston/Seher cepat aus
  3. Mesin pernah terguling yang menyebabkan ruang bakar mesin kemasukan air melalui saringan udara atau biasa disebut dengan water hammer, hal ini mengakibatkan Connecting Road (conrod) atau Stangshekher bengkok.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, segera lakulan hal berikut ini :

  1. Penyumbatan pada nozzle dapat diatasi dengan melakukan gas secara berulang-ulang pada mesin setelah selesai digunakan untuk bekerja. Pada gas-gas awal akan muncul asap berwarna hitam pekat namun tidak perlu khawatir, lakukan terus gas-gas mesin hingga asap berwarna putih sampai abu-abu atau cenderung tidak berwarna yang menandakan bahwa pembakaran mesin telah sempurna
  2. Namun jika terjadi keausan pada nozzle harus segera dilakukan penggantian, nozzle yang sudah aus dapat menyebabkan penyemprotan solar ke ruang bakar tidak maksimaldan berakibat pada tenaga mesin yang kurang. Standar tekanan nozel tipe direct 220 sd 230 kg/cm2 tipe TVCS 140 s/d 150 kg/cm2
  3. Begitupun dengan keausan pada Ring piston / Seher yang harus segera dilakukan penggantian, perhatikan juga perawatan saringan udara dengan rutin melakukan pengecekan saringan udara harus terisi oli sebanyak 100 cc setiap akan bekerja
  4. Sedangkan untuk mesin yang terguling spare part yang perlu diganti dan dicek antara lain : Conrod / Stangshekher, Gasket Cyl Head, Piston dan  Ring Piston / Ring Shekher. Apabila terjadi kerusakan segeralah lakukan penggantian dan selalu gunakanlah spare part asli agar tenaga mesin bisa pulih seperti semula.

Sumber: ptkubota.co.id

Info selanjutnya klik link niagakita.id

 

Mesin Diesel Kubota RD 85 DI-2S 8.5 RPM 2.200

Rp 15,622,000 Rp 12,000,000

Mesin Diesel Kubota RD 85 DI-2S 8.5 RPM 2.200

  1. Power output pada kondisi lingkungan sekitar : Tekanan udara 760 mmHG, Temperatur 20C, Kelembaban relatif 65%.
  2. Spesifikasi sewaktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *