WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Jangan Mencampur Oli Dengan Minyak Goreng

Jangan Mencampur Oli Dengan Minyak Goreng 1

Di awal tahun 2019 publik sempat diramaikan oleh issue oli mesin yang dicampur oleh minyak goreng/minyak kelapa, issue yang bergulir di sosial media tersebut mengundang banyak kontroversi. Sejumlah pihak yang mengklaim telah melakukan uji coba tersebut mengaku bahwa performa mesin meningkat setelah oli dicampurkan minyak goreng, tarikan mesin semakin mantap, ringan getaran dan suara menjadi lebih halus. Secara teoritis pencampuran minyak goreng dengan oli pelumas mesin akan menurunkan titik nyala pelumas, karena minyak yang bertindak sebagai katalis menyebabkan pelumas lebih mudah terbakar dan meningkatkan frekuensi top–up.

Namun  minyak goreng  tidak dilengkapi dengan bahan aditif seperti detergent, anti-wear, anti-korosi dll. Penggunaan minyak goreng sebagai campuran oli pelumas tidak memberikan proteksi pada mesin selama digunakan. Justru pencampuran ini berbahaya bagi performa dan lifetime mesin, karena bahan aditif yang ada pada oli pelumas menjadi hilang fungsi saat dicampurkan oleh minyak goreng. Hasil pencampuran oli dan minyak juga akan  menciptakan lingkungan yang ideal untuk tumbuh kembang bakteri, bakteri ini selanjutnya dapat menimbulkan korosi pada mesin. Alih-alih hemat biaya pelumas yang digantikan oleh minyak malah sebaliknya, konsumen harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki mesin yang aus / rusak akibat pelumas yang tidak berkualitas.

Awalnya penggunaan minyak pada oli marak dilakukan di mesin bensin untuk motor namun saat ini pengguna traktor juga banyak yang mencampurkan minyak pada oli mesin diesel. PT Kubota Indonesia menghimbau kepada semua konsumen pengguna mesin diesel Kubota, jangan mencampurkan minyak goreng pada oli mesin diesel Kubota karena dapat menurunkan performa mesin diesel dan menghilangkan garansi mesin akibat perubahan standar. Gunakan selalu oli pelumas yang disarankan untuk mesin diesel seperti Kubota Genuine Oil.

Source: PT.Kubota Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *