WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Fungsi dan Siklus Kerja Ring Piston

Fungsi dan Siklus Kerja Ring Piston 1

Fungsi Ring Piston

Ada banyak sekali komponen di dalam mesin yang mana setiap komponen memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Mungkin untuk sebagian orang tidak tahu banyak dengan beberapa komponen yang ada di dalam mesin. Perlu kalian ketahui, jika di dalam mesin ada komponen yang bernama ring piston atau sering disebut juga ring seher. Ring piston merupakan komponen mesin yang berbentuk bulat melingkar berupa cincin yang berfungsi untuk mencegah kebocoran kompresi dan oli di antara celah piston dengan dinding silinder. Selain itu, cincin piston ini juga berperan untuk memindahkan panas dari piston ke dinding silinder.

Fungsi utama ring piston pada engine adalah:

  • Menyegel ruang bakar sehingga ada sedikit gas yang hilang ke kotak engkol.
  • Meningkatkan perpindahan panas dari piston ke dinding silinder.
  • Mempertahankan kuantitas oli yang tepat antara piston dan dinding silinder
  • Mengatur konsumsi oli mesin dengan mengikis oli dari dinding silinder kembali ke bah.
  • Kebanyakan cincin piston terbuat dari besi atau baja.

Cincin piston ini terdiri dari beberapa model dan kegunaan yang berbeda meski menempel dalam piston yang sama. Ada 5 bagian dengan 3 pengelompokan yang berbeda (mesin 4 Tak pada umumnya) yaitu :

Fungsi dan Siklus Kerja Ring Piston 2

  1. Top Compression Ring

Terletak di posisi paling atas. Berfungsi mencegah kebocoran kompresi campuran udara dan bensin dari ruang bakar selama siklus pembakaran terjadi.

  1. Second Compression Ring

Tepat berada di urutan kedua. Fungsi Second Compression Ring adalah membackup kerja Top Compression Ring sekaligus sebagai penyeka sisa oli.

  1. Ring Oli

Ini terdiri dari 3 cincin sekaligus dalam satu jalur/got piston yang terletak pada urutan paling bawah. Fungsinya adalah untuk menampung dan membawa oli serta melumasi dinding liner silinder.

 

Siklus Kerja Saat Mesin Menyala

Fungsi dan Siklus Kerja Ring Piston 3

Selama piston bergerak, pada saat itulah ring piston sudah mulai bekerja. Dimana saat terjadi proses buang, ring oli akan lebih efektif bekerja mendistribusikan oli. Tentu saja untuk melumasi dinding silinder melalui lubang pada got piston. Begitu pula saat langkah kompresi, ring kompresi bertugas penuh agar bisa memampatkan udara tanpa kebocoran. Sama halnya ketika melakukan proses hisap, cincin kompresi ini membuat udara dan bensin terhisap lebih efektif. Apabila ring seher sudah lemah atau terjadi baret pada dinding liner silinder, bisa dipastikan proses pembakaran bakal terganggu.

Dalam proses pembakaran titik mati bawah ke titik mati atas, pada sat itu ring piston sudah mulai bekerja. Dimana akan terjadi tekanan gas buang pada ruang bakar, pada ring oil akan bekerja akan mengembang ke dinding silinder. Lalu pada saat posisi piston bergeraka dari atas ke bawah ring oil akan berada di posisi atas, hal tersebut karena terjadi antara gesekan antara ring oil dan dinding silinder. Ketika piston bergerak dari titik mati bawah ke titik mati atas, ring piston pada langkah buang. Hal tersebut dimanfaatkan untuk menghasilkan kompresi dengan sempurna. Jadi pada dasarnya terdapat tahapan dari langkah buang, langkah hisap dan langkah kompresi.

Seperti itulah sedikit penjelasan dari fungsi ring piston dan cara kerjanya yang telah kami sampaikan kepada kalian semuanya. Dimana kalian dapat menyimpulkan jika pada ring piston ada tiga macam jenisnya dan setiap jenis ring piston memiliki fungsi sendiri-sendiri. Demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *