WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

KOMPONEN DAN TIPE NOZZLE PADA MESIN DIESEL

KOMPONEN DAN TIPE NOZZLE PADA MESIN DIESEL 1

Komponen-Komponen Pada Injektor Nozzle

KOMPONEN DAN TIPE NOZZLE PADA MESIN DIESEL 2

Keterangan :

  1. Mur pengunci
  2. Overflow Pipe
  3. Washer
  4. Nozzle Holder
  5. Adjusting Washer
  6. Pressure Spring
  7. Pressure Pin
  8. Distance Piece
  9. Nozzle Needle & Nozzle Body
  10. Retaining Nut

Injektor Nozzle terdiri dari nozzle body dan needle. Nozzle me-nyemprotkan bahan bakar dari pompa injeksi ke dalam silinder dengan tekanan tertentu untuk mengatomisasi bahan bakar secara merata.

Pompa injeksi adalah sejenis katup yang dikerjakan dengan sangat presisi dengan toleransi 0,001 mm, oleh karena itu apabila nozzle body diganti maka harus diganti bersama dengan needle valve.

Injektor nozzle harus dilumasi dengan bahan bakar diesel. Nozzle holder memegang nozzle dengan retaining nut dan distance piesce, nozzle holder terdiri dari adjusting washer yang mengatur kekuatan tekanan pegas untuk menentukan tekanan membukanya katup nozzle.

 

Tipe – Tipe Injektor Nozzle

Tipe nozzel injeksi sangat menentukan bagi proses pembakaran dan bentuk ruang bakar.

KOMPONEN DAN TIPE NOZZLE PADA MESIN DIESEL 3
  1. Single Hole Type (Nozzle Berlubang)

Injektor nozzle berlubang satu (single hole) proses pengabutannya sangat baik akan tetapi memerlukan tekanan injektion pump yang tinggi.

  1. Multiple Hole Type (Nozzle Berlubang Banyak)

Tipe lubang banyak (multi hole type) pada umumnya digunakan untuk mesin diesel dengan injeksi langsung (direct injection) karena dalam proses pengabutannya sangat baik.

  1. Throttle Type

Kebanyakan nosel injeksi model pin adalah yang berjenis throttle yang pada saat permulaan injeksi jumlah bahan bakar yang ditekan ke dalam ruang bakar muka hanya sedikit, tetapi pada akhir injeksi jumlah bahan bakar semakin banyak. Secara garis besar nozzle dapat dibagi atas model lubang dan model pin.

  1. Pintle Type (Nozzle dengan model pin)

Iinjektor nozzle model pin ini model trotle maupun model pin lebih tepat digunakan pada motor diesel dengan ruang bakar yang memiliki combustion chamber, kamar muka maupun kamar pusar (turbulen) dan Type Lanova.

Standar Debit & Sudut Rilis Injektor Nozzle

  1. Debit Semprot

Data yang kami dapatkan injektor alat berat memiliki debit pada putaran 300 Rpm akan menghasilkan 2,3 cm3/detik.

  1. Sudut semprot

Sudut semprot merupakan sudut yang terjadi akibat tekanan ini melebihi kekuatan pegas, maka nozzle needle akan terdorong keatas oleh tekanan bahan bakar dan nozzle needle terlepas dari nozzle body seat. Kejadian ini menyebabkan nozzle menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Standar dari alat berat adalah 14° -19°.

  1. Sudut Pengkabutan

Sudut pengkabutan merupakan sudut yang tejadi karena bahan bakar yang mulai menyebar. Standar dari alat berat adalah 133°-150°.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *