WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

6 Fakta Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Hai, Sahabat Niagakita!

Peuyeum Bandung, pasti kalian pernah mendengarnya kan? Tapi tau nggak sih seperti apa sejarah dan juga fakta-faktanya? Kalau belum, yuk dibaca artikel di bawah ini.

Bandung, adalah salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia. Menjadi kota terbesar di Jawa Barat serta didapuk menjadi ibukota provinsi Jawa Barat. Kota Bandung khas dengan banyaknya pohon dan bunga-bungan di setiap sudut kota, sehingga kota yang berasal dari kata Bendung/Bendungan ini memiliki julukan Kota Kembang. Kota Bandung menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat jawa bagian barat untuk berliburan, karena banyaknya tempat wisata yang alami di Kota Bandung. Selain banyaknya wisata, Bandung juga terkenal dengan aneka kuliner khasnya, sebut saja bakso chuanki, seblak, mie kocok, nasi tutug oncom, karedok dan masih banyak lagi. Oh iya, jangan lupa yang satu ini, peuyeum bandung.

Bandung
Suasana Kota Bandung yang asri dan dikelilingi bukit dan pegunungan. (sumber : terlampir)

Peuyeum bandung adalah makanan yang terbuat dari hasil fermentasi singkong. Peuyeum bandung diperkirakan sudah ada sejak tahun 1800-an atau bahkan sebelumnya. Ada cerita yang mengatakan bahwa, peuyeum bandung berasal dari daerah Jawa Tengah yang bernama tape singkong. Pada awalnya, peuyeum banyak di produksi di daerah Cipeuyeum. Lalu, masyarakat sekitar menyingkat namanya menjadi peuyeum.

Nah, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang peuyeum lho…

Berikut fakta-fakta tentang peuyeum bandung, merangkum dari merahputih.com :

1. Colenak

Colenak adalah salah satu makanan olahan yang terbuat dari peuyeum. Colenak dibuat dengan dibakar, peuyeum yang terbakar akan menciptakan aroma harum. Untuk hidangannya disajikan dengan gula jawa dan serutan kelapa. Oh iya, colenak itu singkatan dari “dicocol enak”, ada ada saja ya penamaannya…

2. Berfungsi Menghangatkan Badan

Salah satu manfaat dari mengkonsumsi peuyeum adalah menghangatkan tubuh. Hal ini disebabkan oleh peuyeum yang dibuat dengan proses fermentasi. Orang-orang zaman dulu sering mengkonsumsi peuyeum karena Jawa Barat memiliki letak geografis pegunungan yang asri, yang membuat udaranya dingin, begitu pula di Kota Bandung.

3. Nama Lain Peuyeum Bandung

Peuyeum bandung ternyata memiliki nama lain, seperti peuyeumpuan yang yang berarti “Perempuan Bandung” jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia. Peuyeumpuan ini sebenarnya menggambarkan perempuan di Kota Bandung yang terkenal dengan kecantikan dan keelokannya.

Peuyeum Bandung
Peuyeum Gantung. (sumber : terlampir)

Nama lain peuyeum bandung lainnya adalah peuyeum gantung yang berarti peuyeum yang digantung. Di toko-toko atau gerobak pinggir jalan, peuyeum diikat dan digantung secara berkelompok. Hal ini disengaja agar pengendara yang lewat dapat melihat jajanan yang mereka pasarkan.

4. Dijadikan Lagu

Saking terkenalnya peuyeum bandung, ternyata sampai dibuatkan lagunya juga lho. Lagu dengan judul yang sama ini menggunakan Bahasa Sunda, isi lagunya adalah menggambarkan seperti apa peuyeum bandung. Lagu ini dinyanyikan oleh Nining Meida.

5. Peuyeum Jajanan Khas Tanah Sunda

Sebenarnya peuyeum itu tidak spesifik makanan khas Bandung. Karena di daerah lain di Jawa Barat atau Tatar Pasunda, makanan sejenis juga ada. Hanya saja, penamaannya bukan peuyeum bandung melainkan peuyeum sampeu. Dulu, sebelum peuyeum bandung terkenal, peuyeum sampeu dijual dengan dijajakan oleh para pedagang keliling, tapi sekarang akan sulit untuk menemukan keberadaan para pedagang keliling peuyeum sampeu.

Demikian artikel tentang 6 Fakta Peuyem Bandung. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Kami juga menjual berbagai macam alat pertanian dan juga sparepart-nya dengan kualitas terbaik di setiap kelasnya.

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *