WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

9 Komponen pada Genset, yang Wajib Kalian Tahu!

Komponen Genset

Hai, Sahabat Niagakita!

Sebelum kita mengetahui apa saja komponen-komponen pada genset, alangkah baiknya kita memahami dulu apa itu genset dan juga sejarahnya.

Pengertian Genset

Generator set atau biasa disingkat menjadi genset, adalah mesin pembangkit listrik cadangan yang terdiri dari generator / pembangkit listrik dengan mesin penggerak. Besaran listrik yang dapat dihasilkan disesuaikan dengan ukuran genset. Genset ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831, Faraday menemukan sebuah induksi elektromagnetik yang kemudian dikembangkan menjadi generator. Pada awalnya genset dibuat hanya menggunakan gulungan kawat dan besi. Untuk generator diesel sendiri ditemukan oleh Rudolph Diesel yang dihak patenkan pada tahun 1892.

Komponen-Komponen pada Genset

Genset sendiri terdiri dari beberapa komponen utama yang saling berkaitan. Bagi Sahabat Halo Kita yang memiliki genset, penting untuk mengenali komponen-komponen pada genset, sehingga ketika genset Anda mengalami masalah, Anda bisa mengetahuinya langsung komponen mana yang rusak dan perlu diperbaiki atau diganti. Karena komponen-komponen pada genset biasanya berkaitan langsung dengan kerusakan yang terjadi pada genset.

Berikut komponen-komponen pada genset, yang perlu Anda ketahui, dilansir dari deprintz :

1. Engine

Engine atau mesin adalah komponen utama pada genset yang berfungsi sebagai sumber energi input untuk generator, oleh sebab itu engine sangat penting bagi genset. Untuk menjalankan mesin, biasanya perlu menggunakan bahan bakar bensin, gas atau solar, tergantung dengan tipe dan kapasitas genset. Jika genset kecil menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya, genset yang memiliki kapasitas besar biasanya berbahan bakar gas atau solar.

genset
Aneka produk genset dari Niagakita.

2. Alternator

Alternator adalah bagian dari genset yang berguna untuk menghasilkan output listrik. Alternator memiliki setor dan rotor yang bekerja pada generator untuk menghasilkan medan magnet agar genset bisa bekerja.

3. Tangki BBM

Tangki bahan bakar berfungsi untuk menyimpan bahan bakar genset, kapasitas tangki yang besar akan membuat genset mampu bekerja lama. Umumnya tangki pada genset dapat menyimpan bahan bakar yang dapat untuk mengoperasikan generator set selama 6 sampai 8 jam.

4. Voltage Regulator

Voltage regulator berfungsi untuk mengatur besar kecilnya suatu tegangan yang keluar pada genset. Voltage regulator ini sangat penting, karena jika listrik yang dihasilkan tidak stabil tentunya akan merusak komponen-komponen lain pada genset.

5. Exhaust Cooling

Exhaust cooling adalah kipas pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan panas pada mesin genset. Sudah pasti, saat menggunakan mesin generator set, maka akan menimbulkan panas. Jika dibiarkan maka dapat membuat genset mengalami overheat dan merusaknya. Exhaust cooling sendiri digunakan pada saat pembuangan gas melalui knalpot, radiator dan kipas.

6. System Lubricant

System lubricant  adalah pelumas pada genset agar dapat berjalan dengan halus dan tahan lama. Genset yang beroperasi lebih dari 8 jam memerlukan pengecekan pada kadar minyak pelumas agar tetap halus dan awet.

7. Baterai

Daya pada genset bersumber dari baterai, ketika genset beroperasi, baterai akan secara otomatis dicharge. Jika baterai rusak, maka genset tidak bisa menyala.

8. Control Panel

Control panel adalah user interface dari genset yang digunakan untuk mengatur outlet listrik.

9. Kerangka Utama

Kerangka utama didesain sedimikian rupa agar bisa menjadi rumah yang aman bagi genset. Desain kerangka utama juga harus menyediakan grounding untuk keselamatan penggunanya.

Demikian artikel tentang 9 Komponen pada Genset, yang Wajib Kalian Tahu!. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel menarik lainnya. Kami juga menjual berbagai macam alat pertanian dan juga sparepart-nya dengan kualitas terbaik di setiap kelasnya.

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *