WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

Cara Membuat Geti, Jajanan Khas Blitar

Cara Membuat Geti, Jajanan Khas Blitar 1

Hai, Sahabat Niagakita!

Pernah dengar nama Geti? bukan nama orang, tapi jajanan khas dari Blitar, salah satu kabupaten di Jawa Timur. Sudah pernah dengar? Tau seperti apa bentuknya? Saya tidak akan menyalahkan Anda, jika belum tahu. Indonesia memiliki berbagai macam suku, budaya dan tentu aneka ragam makanan khasnya yang tidak akan mungkin bisa diketahui satu per satu oleh kita. Oleh sebab itu, Niagakita hari ini mengangkat Geti sebagai topik artikel, dengan harapan agar pembaca bisa mengetahui dan melanjutkan warisan yang mesti kita jaga.

Geti Blitar
Geti umumnya tersedia dalam beberapa model, seperti : kotak, persegi panjang dan bulat. (sumber : terlampir)

Geti merupakan jajanan khas blitar yang terbuat dari kacang, wijen dan gula merah. Rasa dari Geti sendiri gurih dan tidak terlalu manis, karena tidak menggunakan gula merah yang banyak, berbeda dengan enting-enting. Di Blitar, Geti biasa disajikan pada saat Idul Fitri, maupun acara lain seperti pernikahan. Geti sendiri tersedia dengan berbagai pilihan, ada geti kacang, geti wijen dan campuran geti kacang dan wijen. Untuk bentuknya pun beraneka ragam, ada yang berbentuk kotak, persegi panjang dan juga bulat seperti bakso.

Baca juga :

6 Fakta Peuyeum Bandung

5 Wisata di Magelang yang Wajib Dikunjungi

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke kota Blitar, saya sarankan sih untuk membeli Geti sebagai oleh-oleh untuk saudara dan teman. Kalian bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh yang mudah ditemui di sana. Atau Anda ingin mencoba membuat Geti sendiri, untuk mengenalkan jajanan khas ini kepada keluarga di rumah? Bisa kok, Niagakita ada tutorialnya nih, bisa Anda baca dan langsung dipraktekin di rumah!

Cara Membuat Geti Blitar, mengutip dari IniBaru.id :

Geti
Cara membuat Geti. (sumber : terlampir)

Bahan :
– 70 gram wijen putih yang sudah disangrai

– 30 gram wijen hitam yang sudah disangrai

– 40 gram gula pasir

– 1 sendok makan air

– 1 sendok makan madu

– ½ sendok makan mentega

– garam secukupnya

Cara Membuat :
1. Ambil panci dan masukkan bahan-bahan, seperti : garam, gula, madu dan air menjadi satu. Masak menggunakan api kecil dan aduk hingga semua bahan sudah tercampur dengan rata. Setelah rata, tunggu hingga mengental.

2. Masukkan mentega dan aduk kembali hingga rata.

3. Angkat panci dari kompor, kemudian masukkan wijen lalu aduk dengan cepat.

4. Ambil kertas baking berukuran 20 x 20 sentimeter, lipat menjadi dua bagian sampai membentuk garis tengah.

5. Tuang adonan di atas kertas lalu tutup atasnya dengan kertas lainnya. Gilas adonan menggunakan sendok. Jika sudah tergilas semua, buka kertas dan dinginkan.

6. Jika adonan sudah mengering, potong sesuai selera. Geti sudah siap untuk dinikmati.

Nah, bagaimana, apakah Anda sudah memahami dan tertarik untuk mempraktekannya dari rumah? Demikian artikel tentang Cara Membuat Geti, Jajanan Khas Blitar. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya.

Salam, Niagakita!

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *