WeCreativez WhatsApp Support
Silakan Pilih Tim Support Kami sesuai Kebutuhan Anda, Dengan Senang Hati Kami Melayani Anda.
Hi, how can I help?

5 Fakta Menarik Planet Mars

Planet Mars

Hai, Sahabat Niagakita!

Mars adalah salah satu planet yang ada di tata surya kita. Mars juga disebut sebagai planet merah, karena cahayanya yang terlihat dari Bumi terlihat merah berbeda dengan planet lainnya yang berwarna putih dan cerah. Selain itu, Mars juga memiliki fakta-fakta lainnya yang menarik.

Fakta-Fakta Planet Mars :

1. Mars Memiliki 2 Satelit Alami

5 Fakta Menarik Planet Mars 1
Dua satelit alami Mars, Phobos dan Deimos. (sumber : terlampir)

Tidak hanya bumi, Mars juga memiliki satelit alami, bahkan jumlahnya2 yaitu Deimos dan Phobos. Nama satelit alami tersebut berasal dari bahasa Romawi Kuno yaitu Deimos berarti Kepanikan dan Phobos berarti Takut. Penampilan Deimos dan Phobos tidak sesempurna Bulan, mereka berbentuk tidak teratur dan ukurannya yang kecil.

Keberadaan Deimos dan Phobos sendiri tidak begitu lama di planet Mars, menurut penelitian 30 sampai 50 juta tahun lagi, Phobos akan tertarik ke permukaan Mars dikarenakan tarikan gravitasi Mars yang begitu kuat. Kemudian sisa sisa tabrakan tadi akan membuat sebuah cincin di planet Mars, namun cincin tersebut hanya berada di Mars sekitar 100 juta tahun.

2. Gunung Api Tertinggi di Bima Sakti Ada di Mars!

5 Fakta Menarik Planet Mars 2
Gambaran Gunung Olympus, Mars. (sumber : terlampir)

Selain satelit alami, Mars juga memiliki gunung api layaknya planet Bumi. Bahkan Mars memiliki gunung yang menyandang status gunung api tertinggi di galaksi Bima Sakti, gunung tersebut dinamai Olympus Mons. Perlu diketahui, tinggi gunung Olympus Mons adalah 16 mil (25 km) atau hampir setara dengan 3 kali tingginya gunung Everest, gunung tertinggi di Bumi yang memiliki ketinggian 8,8 km. Sedangkan luasnya hampir sama dengan kota Arizona, salah satu Negara bagian terbesar di Amerika Serikat.

Jika kita dapat beranda-andai, jika kita berdiri tepat di depan tepi gunung Olympus Mons, maka pemandangan yang ada dihadapan kita hanyalah dinding tak terbatas, karena kita tidak dapat melihat ujung gunung Olympus Mons dari posisi tersebut.

3. Bagian Mars Pernah Jatuh ke Bumi

5 Fakta Menarik Planet Mars 3
Ilustrasi Asteroid dan Mars. (sumber : terlampir)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Mars memiliki tarikan gravitasi yang sangat kuat, sehingga dapat menarik asteroid di sekitar Mars. Beberapa ribu tahun lalu, sebuah asteroid berukuran besar pernah tertarik dan menabrak bumi. Akibat tabrakan tersebut, pecahan asteroid maupun bagian Mars ada yang terlempar ke luar angkasa. Perlahan-lahan ada beberapa pecahan yang masuk ke dalam orbit Bumi dan mendarat di planet kita ini menjadi asteroid. Asteroid tersebut dinamakan SNC (Shergottites, Nakhlites and Chassignites). Senyawa dalam asteroid tersebut diyakini sama dengan senyawa yang ditemukan di Mars pada tahun 1970dan 1980an.

4. Mars Pernah Punya Air

5 Fakta Menarik Planet Mars 4
ESA menemukan air di dalam permukaan Mars. (sumber : terlampir)

Pada zaman dahulu, Mars sempat memiliki air yang cukup dan dapat dikonsumsi oleh manusia. Namun setelah habisnya atmosfir yang melindungi planet merah itu, air pada planet Mars pun membeku. Hal ini didukung dengan adanya kutub di planet Mars, serta pada beberapa foto Mars, terdapat sebuah titik-titik putih yang menuurut para ilmuwan itu adalah area terdingin di planet Mars. Dan pada tahun 2018 lalu, para ilmuwan pun menemukan sebuah danau yang berada di bawah lapisan es di kutub selatan Mars, membuktikan bahwa di masa lalu Mars sempat memiliki air yang cukup melimpah.

5. Manusia akan Tinggal di Mars

5 Fakta Menarik Planet Mars 5
Ilustrasi dari Starship, pesawat ulang-alik yang akan digunakan untuk mengangkut manusia dan material pendukung ke Mars. (sumber : terlampir)

Adalah Elon Musk, miliarder dan pendiri SpaceX yang memiliki sebuah ambisi untuk membuat sebuah koloni di planet Mars. Elon Musk ingin mendirikan sebuah kota di Mars, untuk mewujudkan impian itu maka diperlukan setidaknya 1 juta manusia untuk migrasi ke Mars. Untuk mewujudkannya, Elon Musk pun kini sedang membangun Starship, yaitu pesawat ulang-alik yang akan mengirim manusia beserta material pendukung untuk membuat rumah dan toko di Mars. Tidak tanggung-tanggung, Elon Musk berencana membangun 100 unit Starship per tahun dalam kurung waktu 10 tahun agar rencananya untuk mengirim 1 juta manusia ke Mars terwujud.

Demikian artikel tentang 5 Fakta Menarik Planet Mars. Untuk Sahabat Niagakita, jangan lupa untuk mengikuti kami di Facebook Niagakita dan mengunjungi website kami untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik setiap harinya. Kami juga menjual berbagai macam alat-alat pertanian seperti genset, traktor, diesel dan sparepart.

Salam, Niagakita!

 

Kunjungi Kami di :

Website     : Niagakita     |     Bukalapak   : Niagakita     |     Tokopedia   : Niagakita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *